Jakarta (ANTARA) - PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Luar Biasa (LB) 2022 memutuskan untuk menambah dewan direksi guna memperkuat dan mempercepat pemulihan usaha pariwisata.

"Penambahan direksi untuk memperkuat dan mempercepat pemulihan usaha pariwisata," ujar Direktur Utama Panorama Budijanto Tirtawisata dalam Public Expose RUPS Tahunan dan Luar Biasa 2022 secara hybrid di Jakarta, Rabu.

Perseroan telah menambah dua orang pada jajaran dewan direksi yang terdiri dari Hellen Xu yang ditempatkan sebagai direktur dan Ricky Setiawanto juga sebagai direktur.

Sebelumnya, terdapat tiga orang pada jajaran dewan direksi yang terdiri dari Budijanto Tirtawisata sebagai direktur utama, Ramajanto Tirtawisata sebagai direktur, dan Angreta Chandra sebagai direktur. Sehingga, saat ini dewan direksi perseroan berjumlah lima orang.

"Ada penambahan direksi dari tiga orang menjadi lima orang," ujar Budijanto.

Dengan penambahan ini, Budijanto mengatakan perseroan ingin memanfaatkan momentum pertumbuhan pariwisata pada 2022 yang mulai menunjukkan pemulihan. Tercatat, pada semester I-2022 pendapatan perseroan naik 231,4 persen menjadi Rp426 miliar, dari semester I tahun lalu sebesar Rp128,6 miliar.

Budijanto mengatakan krisis pandemi yang berkepanjangan dari tahun 2020 hingga 2021 banyak memberi pelajaran terhadap perseroan yang bergerak di bidang pariwisata ini.

Menurut dia, program vaksinasi yang mulai merata, penghapusan syarat test PCR dan pembukaan border dari dan ke berbagai negara telah menjadi game changer pada 2022 ini.

"Disitulah momentum mulai terasa," ujar Budijanto.

Dengan demikian, Budijanto optimistis pada akhir tahun perseroan dapat meraih pendapatan hingga 60 persen, dari masa pra pandemi, dengan angka di kisaran Rp1,2 triliun hingga Rp1,4 triliun.

Sebelumnya, pemerintah telah melakukan penghapusan karantina bagi wisman, pengurusan visa saat kedatangan atau visa-on-arrival (VOA) untuk 72 negara, penghapusan test PCR saat tiba di Indonesia dan peniadaan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Selain penambahan dewan direksi, dalam RUPS Tahunan dan Luar Biasa ini, PT Panorama Sentrawisata Tbk juga mengesahkan laporan keuangan, menetapkan penggunaan dividen dan menetapkan remunerasi.

Baca juga: Panorama catatkan laba Rp3,3 miliar triwulan II berkah pelonggaran

Baca juga: Panorama sudah terima rombongan tur wisman asal Eropa

Baca juga: Kemenparekraf apresiasi Panorama layani antar jemput tenaga medis

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022