Hamedan (ANTARA) - Menteri Pertanian Iran Javad Sadatinejad dalam kunjungannya ke Provinsi Hamedan, Iran menandatangani nota kesepahaman terkait ekspor produk pertanian dengan China.

Menteri Sadatinejad dalam konferensi video pada Kamis (28/7) mengatakan nota kesepahaman ditandatangani sesuai dengan kebijakan pemerintahan Presiden Ebrahim Raisi untuk peningkatan kerja sama ekonomi dengan kawasan dan sejumlah negara Asia Timur, demikian dikutip dari Kantor Berita IRNA, Jumat.

Menteri mengatakan setelah pembicaraan intensif antara Iran dan China selama beberapa bulan, kedua negara akhirnya menyelesaikan dan menandatangani dua dokumen penting.

Dia menambahkan salah satu dokumen tersebut berisi tentang ekspor jeruk segar Iran ke China yang memberi Iran akses pertama kali ke pasar jeruk negara Asia Timur senilai 600 juta dolar.

Dia juga mengatakan dokumen kedua berisi tentang kewajiban protokol kesehatan untuk ekspor madu kualitas tinggi Iran ke Negeri Tirai Bambu itu.

Sadatinejad mencatat Iran saat ini mengekspor produk pertanian senilai 500 juta dolar AS ke Tiongkok yang tercatat lebih tinggi dari jumlah tahun lalu.

Sumber: IRNA-OANA

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2022