Banjarmasin (ANTARA) - PS Barito Putera berhasil memenangi laga sengit melawan Borneo FC dengan skor 3-1 dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-23 di Stadion Demang Lehman, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu malam.

Setelah keunggulan yang diperoleh lewat Rafael Silva bisa disamakan oleh Borneo melalui Achmad Nur Hardianto, Barito Putera memastikan kemenangan berkat gol-gol tambahan yang dicetak Renan Alves dan Rafinha.

Kemenangan pertama Barito Putera musim ini mengantarkan mereka naik ke urutan kedelapan klasemen sementara dengan raihan tiga poin, sedangkan Borneo (3) harus turun ke peringkat keempat.

Sebagai tuan rumah, Barito Putera bermain agresif sejak sepak mula dan anak-anak asuh Dejan Antonic itu berhasil membuka keunggulan ketika Silva menanduk umpan silang Ambrizal Umanailo pada menit ke-27.

Tertinggal satu gol tim tamu meningkatkan serangan mereka dan hasilnya Hardianto sukses menjebol gawang tuan rumah pada menit ke-37 saat tembakan bekas pemain Arema FC itu berbelok mengenai salah satu pemain Barito Putera sehingga mengecoh kiper Joko Ribowo dan membuat kedudukan imbang 1-1.

Baca juga: Bek muda Borneo FC waspadai dua pemain Barito Putera

Skor imbang bertahan hingga turun minum dan tuan rumah memasuki babak kedua dengan lebih ganas melancarkan serangan hingga sukses merestorasi keunggulan pada menit ke-52 melalui gol Alves.

Berawal dari situasi sepak pojok yang dilepaskan Rizky Pora, bola mengarah tepat ke muka gawang dan disambut sundulan mematikan Alves yang membuat kiper Shahar Ginanjar tak berkutik.

Sudah unggul 2-1, Barito Putera tak mengendurkan serangan mereka dan mampu menjauh dari kejaran Borneo ketika Rafinha melepakan sepakan kaki kanan keras untuk menyambar umpan akurat kiriman Luthfi Kamal pada menit ke-79.

Upaya Borneo menyamakan kedudukan selalu gagal membuahkan hasil dan skor 3-1 bagi Barito Putera bertahan hingga peluit tanda laga bubaran terdengar.

Baca juga: Madura United pecundangi Persib di kandang sendiri

Antonic memuji permainan Laskar Antasari yang disebutnya tampil konsisten untuk mengantungi kemenangan meyakinkan atas Borneo.

"Permainan seperti ini harus bisa terus dipertahankan dipertandingan selanjutnya," ujarnya.

Meski menang tersebut, pelatih asal Serbia ini juga menyatakan sedih atas cederanya kiper utama Borneo FC Angga S yang harus langsung di bawa ke rumah sakit.

"Saya berharap dia bisa sembuh, tidak mengalami cedera parah, bisa kembali bermain nantinya," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Borneo FC, Milomir Seslija memuji kejelian tuan rumah dalam memanfaatkan skema bola mati.

"Selamat untuk Barito. Kita akui pemain kami kehilangan fokus sehingga Barito bisa mencetak tiga gol melalui skema set piece," ucap Milo.

Di pertandingan selanjutnya, Barito Putera akan bertandang ke markas PSIS Semarang pada Sabtu (6/8) pekan depan, sedangkan Borneo sehari kemudian bakal menjalani laga kandang melawan Persib Bandung.

Baca juga: Suhandi berharap Dewa United bisa lanjutkan tren positif
Baca juga: Persikabo 1973 daratkan Bruno Dybal dan Tomoki Wada


Pewarta: Sukarli
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022