Dengan niat yang baik, amanah yang diberikan negara kepada kita, kita bisa jaga Indonesia sebaik-baiknya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai pembekalan Bela Negara untuk calon karyawan BUMN program Rekrutmen Bersama 2022 sudah berjalan dengan bagus.

"Saya tahu kalian lelah karena sudah lima hari mengikuti kegiatan ini, tapi masih ada satu acara lagi malam ini dan saya sangat ingin melihat dan bertemu kalian juga secara langsung, memantau bahwa program bela negara ini adalah program yang bagus," ujar Erick di Korps Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa.

Oleh karena itu, ia akan menemui para calon karyawan BUMN tersebut pada hari Rabu (3/8) saat Inagurasi di Tennis Indoor Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, untuk mendiskusikan lebih panjang terkait upaya membangun BUMN untuk Indonesia.

Lebih lanjut, Erick Thohir berterima kasih kepada Marinir Angkatan Laut Indonesia yang telah mendampingi para peserta Bela Negara yang menjadi bagian dari keluarga BUMN.

Baca juga: Kementerian BUMN gelar pembekalan Bela Negara rekrutmen 2022

"Dengan niat yang baik, amanah yang diberikan negara kepada kita, kita bisa jaga Indonesia sebaik-baiknya," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erick turut berbincang dengan sejumlah peserta Bela Negara yang baru selesai latihan menembak di Lapangan Marinir Cilandak.

Dua di antaranya ialah seorang pemuda dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), yang diterima di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) cabang Semarang, Jateng, bagian collection. Pemuda itu merupakan lulusan dari Universitas Negeri Semarang (UNS) jurusan teknik arsitektur.

Ketika Menteri BUMN menanyakan alasan pemuda tersebut memilih bekerja di bank padahal tak sesuai jurusan yang diambil, dia menjawab untuk mencari pengalaman baru dan memperluas jaringan di luar jurusan teknik arsitektur.

"Artinya apa? Sekolah itu penting, tapi masa depan dari pekerjaan harus siap berubah karena dunia berubah. Kita harus bisa beradaptasi, karena itu penting dalam menjaga mental kita (sehingga program Bela Negara diadakan)," kata Erick.

Selain itu, terdapat pula seorang wanita dari Padang, Sumatera Barat, yang diterima bekerja di PT Hutama Karya. Erick menerangkan bahwa pemerintah kini sedang membangun jalan tol di Pulau Sumatera.

Baca juga: Erick Thohir sambut kehadiran pegawai baru BUMN

Saat ditanya mengapa jalan tol harus dibangun di Sumatera, calon karyawan BUMN itu menjawab guna memudahkan akses perekonomian masyarakat menjadi lancar dan mudah.

"Kemudian juga untuk keseimbangan pembangunan, bahwa di Sumatera perlu pembangunan infrastruktur supaya ekonomi tumbuh merata. Tidak mungkin Indonesia hanya membangun Jawa, harus membangun Sumatera, Kalimantan, dan di pulau-pulau lainnya," ucap Menteri BUMN.

Kegiatan pembekalan Bela Negara digelar serentak di lima lokasi, yakni Korps Marinir Cilandak, Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta, Pusat Pendidikan Zeni (PUSDIKZI) Bogor di Jawa barat, Kostrad Cilodong Depok di Jawa Barat, dan Rindam Jaya di Jakarta dengan 2672 peserta termasuk peserta Program Perekrutan Bersama Papua dan Papua Barat

Program Bela Negara tersebut merupakan kolaborasi antara Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia dengan menggandeng TNI yang dilakukan selama 28 Juli-2 Agustus 2022.

Baca juga: Menteri Erick dukung langkah tegas Kejagung usut kasus korupsi BUMN

Baca juga: Milenial apresiasi komitmen Erick Thohir memberantas korupsi di BUMN


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022