Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengerahkan 400 personel untuk mengamankan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XV yang akan digelar di Padang pada 7-10 Agustus 2022.

"Untuk melakukan pengamanan kami kerahkan 400 personel yang nantinya akan disebar pada titik-titik lokasi kegiatan," kata Kepala Bagian Operasional Polresta Padang Kompol Deni Ahmad Hamdani, di Padang, Jumat.

Ia mengatakan ada beberapa lokasi yang menjadi fokus pengamanan pihaknya yakni Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang, kawasan pantai Padang, dan sejumlah hotel.

Baca juga: Rakernas Apeksi XV di Padang angkat delapan agenda

"Tujuan pengamanan adalah demi memastikan Rakernas Apeksi berlangsung tanpa adanya gangguan, kelancaran arus lalu lintas juga diprioritaskan," jelasnya.

Deni mengatakan pihaknya telah menggelar rapat koordinasi bersama Pemkot Padang dan instansi terkait lainnya untuk strategi pengamanan Rekernas Apeksi XV tersebut.

Polresta Padang juga menyatakan pihaknya akan berupaya maksimal menyukseskan event nasional yang bakal dihadiri oleh 97 Wali Kota se-Indonesia.

Digelarnya Rakernas Apeksi di Padang menjadi angin segar bagi pertumbuhan ekonomi kota setempat yang dua tahun belakangan terdampak akibat pandemi COVID-19, terutama untuk sektor pariwisata.

Pemkot Padang sebagai tuan rumah telah merampungkan persiapan dengan matang demi menyukseskan kegiatan yang diprediksi akan membawa tamu sekitar 3.000 orang.

Asisten I Pemkot Padang Edi Hasymi mengatakan dalam kegiatan itu 98 wali kota se-Indonesia akan membahas kebijakan strategis pemerintah kota.

Selain menyiapkan dukungan untuk pelaksanaan rapat kerja, pihak tuan rumah juga sudah menyiapkan berbagai kegiatan pendukung agar acara lebih meriah.

Edi membeberkan acara terkait akan diawali dengan welcome dinner pada 7 Agustus 2022 yang bertepatan dengan peringatan HUT Kota Padang ke-353.

Sedangkan kegiatan pendukung yang disiapkan yaitu pameran sekaligus promosi produk-produk unggulan kota seluruh Indonesia yang dipusatkan di RTH Imam Bonjol Padang.

Kemudian pawai budaya yang diikuti oleh delegasi masing-masing kota di kawasan Pantai Padang sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Padang.

Pihaknya juga menyiapkan tur keliling kota bagi peserta, perlombaan memasak rendang dan teh telur antar kota, penanaman pohon, dan lainnya.

Dalam kesempatan itu juga akan diresmikan tugu Apeksi yang akan dibangun di Kantor Balai Kota Padang, di Air Pacah. 

Baca juga: Mendag minta pemkot kawal kebijakan jaga stabilitas bahan pokok
Baca juga: Satpol PP kerahkan 400 personel amankan Rakernas Apeksi di Padang

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022