Ottawa (ANTARA) - Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (Public Health Agency of Canada/PHAC) mengonfirmasi 1.008 kasus cacar monyet (monkeypox) di negara itu hingga Rabu (10/8).

Badan kesehatan itu menyebutkan bahwa dari seluruh kasus terkonfirmasi, 478 di antaranya dari Ontario, 425 dari Quebec, 85 dari British Columbia, 16 dari Alberta, dan masing-masing dua dari Saskatchewan dan Yukon.

Ke depan, jumlah kasus kemungkinan akan berubah mengingat otoritas provinsi dan wilayah masih terus menerima hasil tes dari Laboratorium Mikrobiologi Nasional PHAC, kata PHAC.

PHAC telah mendistribusikan lebih dari 80.000 dosis vaksin Imvamune ke berbagai provinsi dan wilayah, serta mendukung pengujian terdesentralisasi dengan menyediakan instrumen pengendalian dan protokol bagi mitra laboratorium di seluruh penjuru negeri.

Para ahli mengatakan cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat menular antarmanusia melalui kontak erat dengan orang yang terinfeksi, termasuk melalui pelukan, ciuman, pijatan, atau hubungan seksual. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022