Komunita ini wadah yang memfasilitasi anak muda berusia kurang lebih 18–25 tahun untuk bisa bergabung bersama melakukan berbagai aktivitas pengembangan kapasitas untuk sama-sama belajar dan memberi perhatian kepada keuangan negara
Badung (ANTARA) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di acara Road to Ministry of Finance (Mofest) 2022 di Badung, Bali, Kamis, mengajak anak muda usia 18–25 tahun yaitu pelajar dan mahasiswa untuk turut serta aktif mengawasi penggunaan uang negara di berbagai program pembangunan.

Demi mewujudkan itu, Kemenkeu pada acara yang sama mendorong anak muda di Bali bergabung dalam Komunitas #UangKita (Komunita), yaitu komunitas yang digerakkan oleh Kementerian Keuangan bekerja sama dengan perguruan tinggi dan pemerintah daerah untuk mempercepat terbentuknya generasi muda yang paham kebijakan pengelolaan keuangan negara.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kemenkeu Rahayu Puspasari saat ditemui pada sela-sela acara di Badung, Kamis, menyampaikan “Road to Mofest” yang merupakan agenda tahunan Kemenkeu menjadi ajang untuk memperkenalkan Komunitas #UangKita kepada anak muda khususnya di Bali.

“Komunita ini wadah yang memfasilitasi anak muda berusia kurang lebih 18–25 tahun untuk bisa bergabung bersama melakukan berbagai aktivitas pengembangan kapasitas untuk sama-sama belajar dan memberi perhatian kepada keuangan negara,” kata Rahayu Puspasari.

Ia menjelaskan Bali menjadi salah satu tujuan Kemenkeu untuk “Road to Mofest” tahun ini karena Pulau Dewata dinilai sebagai pusat atau hub dari segala kegiatan, mulai dari pariwisata, kebudayaan, termasuk juga yang terkait kepemudaan.

“Bali kami anggap sebagai salah satu sentra, hub, di mana di sini menjadi sentra budaya, sentra wisata, dan berbagai hal yang tentu karena di sini banyak anak mudanya, kami harapkan Bali jadi tempat berkembangnya Komunita, yang tentunya jika anak muda di Bali sudah connect dengan isu keuangan negara itu bagus sekali,” kata Kepala Biro KLI Kemenkeu.

Tidak hanya Bali, Kemenkeu sebelumnya juga menggelar kegiatan “Road to Mofest” 2022 di Bandung, Jawa Barat, dan Malang, Jawa Timur. Nantinya, puncak acara yaitu MOFEST 2022 bakal berlangsung di Jakarta dan dihadiri langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dalam rangkaian acara Mofest yang berlangsung di Balai Kebudayaan Giri Niti Mandala, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Kamis, Kemenkeu dan Pemkab Badung menggelar acara bincang-bincang (talkshow) bersama sejumlah influencer bidang keuangan, kuis dan games, serta pameran dari kantor wilayah direktorat jenderal yang bernaung di bawah Kementerian Keuangan RI, di antaranya dari Bea Cukai, Perbendaharaan, Kekayaan Negara, dan Pajak.

Di acara yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Adi Arnawa menyambut baik kegiatan yang digerakkan oleh Kemenkeu itu. Ia meyakini kegiatan itu menjadi salah satu cara mempersiapkan generasi muda mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

“Kita harus mendorong generasi muda Indonesia memiliki skill teknologi informasi agar mengetahui pengelolaan keuangan negara yang dipaparkan pembicara di Road to Mofest 2022. Besar harapan saya pada generasi muda harapan bangsa yang unggul sehingga Indonesia Emas 2045 terealisasi secepatnya,” kata dia.

Baca juga: Sekjen Kemenkeu: Anak muda Indonesia bukan generasi "kaleng-kaleng"

Baca juga: Kemenkeu ajak pemuda Pontianak kurangi sampah plastik

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022