secara bertahap akan mengelektrifikasi semua armada dari bus besar hingga mikrotrans
Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melakukan uji coba kendaraan listrik bagi armada Mikrotrans atau angkutan perkotaan (angkot) bekerja sama dengan produsen otomotif

Pengadaan armada ramah lingkungan ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara  Direktur Teknik dan Digital TransJakarta M Indrayana  dengan  Direktur Utama PT Bevos Auto Mandiri Hartono Kurniawan ​​​​​​​ selaku pemegang merek mobil  DFSK bertempat di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 ICE, BSD City, Kabupaten Tangerang, Kamis (11/8).

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani Noor dalam keterangan di Jakarta, Jumat, mengatakan MoU ini merupakan bagian dari usaha TransJakarta  mengubah seluruh armada menjadi kendaraan listrik.

"TransJakarta secara bertahap akan melakukan elektrifikasi seluruh armada dari bus besar hingga mikrotrans. sebagai bentuk keseriusan kami dalam mencapai target elektrifikasi seluruh armada hingga 2030 mendatang," ujar Anang dalam keterangan itu.

Anang menjelaskan, Mikrotrans listrik direncanakan akan diujicoba pada rute Tanah Abang-Kota (JAK 10) mulai September 2022.

"Diharapkan Mikrotrans Listrik ini bisa menjadi kendaraan ketika keluar dari rumah hingga mengantar ke tempat tujuan yang aman, nyaman dan ramah lingkungan," tutur Anang.

Diketahui, armada Mikrotrans Listrik produksi DFSK ini memiliki kapasitas baterai 42 kWh dengan jarak tempuh hingga 300 kilometer, proses pengisian baterai juga cepat yakni 2,5 jam untuk sekali pengisian.
Baca juga: LRT Jakarta dan TransJakarta mulai terapkan integrasi tarif di Jaktim
Baca juga: JakLingko jelaskan tarif integrasi TransJakarta berlaku di 28 koridor
Baca juga: Anies tetapkan tarif integrasi untuk transportasi massal Rp10.000

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022