Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menggelar pawai pembangunan memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia dimulai pukul 09.00 WIB yang di pusatkan di Dataran Engku Hamidah.

Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-77 RI tingkat Kota Batam Yusfa Hendri di Batam, Minggu, mengatakan pawai pembangunan ini diikuti oleh 6.116 peserta dan 120 kendaraan hias.

"Tadi yang dilaporkan ada 6.116 peserta, tapi yang hadir keseluruhan sampai 10 ribu orang lebih. Untuk peserta lomba kendaraan hias ada 120 kendaraan, pemenang akan diumumkan pada 17 Agustus saat malam resepsi," katanya.

Baca juga: Lomba mobil hias pawai takbir digelar di Batam

Pawai pembangunan tersebut diikuti oleh organisasi perangkat daerah (OPD), organisasi masyarakat, siswa-siswi sekolah, hingga paguyuban yang ada di Kota Batam.

Lebih lanjut, Yusfa mengatakan total hadiah sebesar Rp 22,5 juta untuk pemenang lomba kendaraan hias.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan Batam adalah satu miniatur Indonesia yang terdapat berbagai macam suku, budaya, ras, dan agama.

"Semua tadi ditampilkan dalam pawai budaya. Batam ini miniatur Indonesia, inilah Batam dan Kepri. Jika semua ini bersatu, pembangunan dalam rangka mengisi kemerdekaan akan mudah," ujar Rudi.

Baca juga: Pawai budaya sambut Jokowi di Batam

Baca juga: Batam gelar lomba Pawai Takbir berhadiah Rp36 juta


Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menambahkan kegiatan ini merupakan bentuk kebersamaan dan respons dari seluruh elemen masyarakat.

"Ini menandakan masyarakat kita merasa Batam adalah rumah bersama untuk dibangun bersama," katanya.

Menurut Amsakar, keberagaman menjadi modal yang kuat mewujudkan pembangunan yang lebih maju lagi.

Dalam kesempatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Amsakar mengajak semua pihak untuk andil memberikan karya terbaik bagi bangsa dan negara.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022