Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan dalam pelaksanaan upacara HUT Ke-77 RI di daerah itu akan ada atraksi paramotor dengan mengibarkan bendera Merah Putih dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Hang Nadim Batam.

"Nanti akan ada atraksi paramotor dari Lanud TNI Hang Nadim. Selain itu juga ada persembahan lagu-lagu nasional diiringi angklung dan marching band," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Senin.

Ia menjelaskan pelaksanaan upacara HUT Ke-77 RI di daerah itu dapat dihadiri masyarakat Batam.

"Warga Batam boleh ikut. Kita sudah siapkan beberapa titik untuk warga dan tentu saja harapan kita warga yang hadir tetap membantu tim penyelenggara agar prosesi upacara nantinya berlangsung khidmat," ujar dia.

Pelaksanaan upacara HUT Ke-77 RI tingkat Kota Batam akan dilaksanakan di Dataran Engku Putri.

Terkait dengan persiapan upacara HUT RI, Amsakar mengatakan telah siap dilaksanakan mulai dari pasukan pengibar bendera (paskibra), peserta upacara, pengiring musik, hingga teknis pendukung.

"Hari ini alhamdulillah kita sudah melaksanakan geladi bersih persiapan detik-detik proklamasi, semua berjalan dengan baik sampai upacara penurunan Sang Merah Putih berjalan dengan baik. Ya kita berharap pada hari H berlangsung dengan baik, mudah-mudahan anak-anak kita yang bertugas tidak ada kendala dan terhambat untuk itu," kata dia.

Baca juga: Sleman gratiskan retribusi masuk wisata Kaliurang pada 17 Agustus

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan HUT RI di tingkat Kota Batam.

"Jadi seluruh panitia tadi hadir dalam rapat koordinasi untuk HUT RI ke-77, kita bahas dari acara geladi bersih, hingga pelaksana upacara pada tanggal 17 Agustus, kemudian juga di bahas terkait pelaksanaan upacara Hari Pramuka pada tanggal 18 Agustus. Insyaallah sudah siap semua, jika tidak ada halangan akan berjalan dengan baik," katanya.

Adapun rangkaian acara yang akan dilaksanakan oleh Pemkot Batam dalam HUT Ke-77 RI di antaranya lomba kendaraan hias pawai pembangunan pada tanggal 14 Agustus 2022, pawai obor pada tanggal 16 Agustus 2022 yang dilanjutkan dengan renungan suci di taman makam pahlawan.

Pada tanggal 17 Agustus 2022 dilaksanakan upacara memperingati HUT Ke-77 RI di Dataran Engku Putri hingga pelaksanaan upacara Hari Pramuka pada tanggal 18 Agustus 2022.

Baca juga: Nathania Karina, doktor musik yang jadi konduktor pertama GBN 2022
Baca juga: 155 napi Rutan Surakarta dapat remisi HUT ke-77 RI
Baca juga: Formasi angka 77 pesawat tempur dalam HUT RI memerlukan akurasi

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022