Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah foto hitam putih yang menampilkan sosok Presiden Pertama RI Soekarno dan Jenderal Besar Soedirman tampak pada salah satu unggahan akun di Facebook pada 7 Juli 2022.

Dalam foto itu, terdapat pula sosok pria lain yang berdiri di tengah Presiden Pertama RI Soekarno dan Jenderal Soedirman.

Sang pengunggah foto itu di Facebook menyebut sosok di tengah dua Pahlawan Nasional itu merupakan ayah Rizieq Shihab, yaitu Husein Shihab.

Berikut narasi pada unggahan tersebut:
"1. Ir.Soekarno
2.Habib.husein syihab ( bpknya H.rizik syihab )
3.Jendral.Soedirman"


Apakah benar sosok yang berdiri di tengah Presiden Soekarno dan Jenderal Soedirman itu merupakan ayah Rizieq Shihab?
 
Unggahan hoaks yang menyebut sosok di tengah Presiden Pertama Indonesia Soekarno dan Jenderal Besar Soedirman merupakan ayah Rizieq Shihab. Faktanya, pria itu merupakan Duta Besar India untuk Indonesia, Mohmmad Yunus Khan. (Facebook)


Penjelasan:
Tim Jaringan ANTARA Cegah Hoax pernah mengklairifikasi foto sosok yang berdiri di tengah sang Proklamator RI Soekarno dan Jenderal Besar Soedirman bukanlah ayah Rizieq Shihab.

Pria itu merupakan Duta Besar India untuk Indonesia Mohammad Yunus Khan. Yunus Khan adalah anggota Indian Foreign Service.

Foto ketiga tokoh itu diambil di Magelang, pada 17 Agustus 1948.

Sebagai negara sahabat Indonesia, Yunus yang mewakili India beberapa kali mengunjungi Tanah Air yaitu pada 1947 dan 1948.

Selain bertugas di Indonesia, Yunus Khan juga menjadi duta besar India untuk Turki, Irak, dan Spanyol.

Dengan demikian, unggahan yang mengklaim Presiden Soekarno Bersama Jenderal Soedirman dan Ayah Rizieq Shihab adalah salah atau hoaks.

Klaim: Ayah Rizieq Shihab dalam foto bersama Soekarno dan Soedirman
Rating: salah atau hoaks

Cek fakta: Hoaks! Ferdy Sambo tulis novel dewasa

Baca juga: Purnomo: Ajaran Soekarno sangat relevan dengan kondisi masa depan

Baca juga: Jiwa kepahlawanan Jenderal Soedirman menginspirasi bangsa Ukraina

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022