Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memaknai peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia (RI) sebagai momentum bagi seluruh rakyat Indonesia untuk meneguhkan komitmen merawat persatuan bangsa.

"Peringatan 77 Tahun Kemerdekaan RI ini harus menjadi momentum bagi kita sebagai bangsa untuk kembali meneguhkan komitmen merawat persatuan bangsa," kata AHY dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Komitmen merawat persatuan itu, lanjut dia, perlu diwujudkan oleh segenap bangsa Indonesia dengan senantiasa mengokohkan persatuan, bersinergi melawan pandemi, menjaga demokrasi, dan mengoptimalkan momentum kebangkitan ekonomi.

Di samping itu, AHY juga menyampaikan bahwa setiap peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia harus menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk mensyukuri segala hal yang telah dicapai dan diwujudkan. Berikutnya, tambah dia, bangsa Indonesia juga perlu meneguhkan komitmen perjuangan ataupun pengabdian dalam mewujudkan Indonesia yang semakin aman, damai, adil, sejahtera, dan mendunia.

Baca juga: Kapolri gelorakan semangat Kemerdekaan

Baca juga: Kemerdekaan RI - Brigif 4 kibarkan merah putih di dasar laut Pahawang


"Itulah visi besar kebangsaan kita. Perbedaan tidak menjadi halangan bagi kita untuk mewujudkan visi besar ini. Kita harus bersatu. Dengan persatuan, energi kita akan dilipatgandakan untuk mewujudkan cita-cita besar bangsa," ujar AHY.

Pagi ini, AHY mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia secara virtual didampingi oleh istrinya Annisa Larasati Pohan.

Mereka mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir dari kediamannya dengan mengenakan pakaian adat Bali kombinasi warna hitam, putih dan merah yang melambangkan warna Tridatu.

Baca juga: Moeldoko: Pesan Jokowi "Eling lan Waspodo" kontekstual dengan saat ini

Lebih lanjut, AHY menjelaskan busana tersebut menyimbolkan semangat optimisme untuk bangkit bersama menjemput kesuksesan di masa depan serta menggambarkan seorang pemimpin yang mampu memberi semangat kepada rakyatnya di tengah suasana suka ataupun duka.

Bukan hanya itu, tambah dia, pilihan kombinasi warna busana itu juga memiliki arti. Warna hitam memberi kesan elegan yang melambangkan keanggunan, keberanian, ketenangan, kemakmuran, dan warnanya generasi milenial. Warna putih dan merah memberi kesan kebebasan dan keterbukaan, kesucian, dan menyimbolkan keberanian, kekuatan, energi, kegembiraan serta gairah untuk melakukan suatu tindakan.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022