Medan (ANTARA News) - Operator seluler, PT Exelcomindo Pratama Tbk (XL), tahun ini menargetkan jumlah pelanggan BlackBerry mencapai 100 ribu, naik dari 25 ribu pada akhir 2008.

"Peningkatan pelanggan BlackBerry tahun ini diharapkan masih terbesar dari Pulau Jawa dan disusul Sumatera yang share-nya sebesar 30 persen," kata BlackBerry & Internet Service Manager Excelcomindo Pratama, Handono Warih, dalam pertemuan dengan pelanggan BlackBerry di Medan, Jumat.

Dia optimistis berhasil meraih target pelanggan tahun ini dengan asumsi warga masih "demam" BlackBerry khususnya melihat Presiden AS, Obama yang juga menggunakan BlackBerry.

Menurut Handono, setelah kawasan Jabotabek, pangsa pasar terbesar BlackBerry XL adalah di Surabaya dan disusul Medan untuk kawasan di Sumatera.

"Sejak diluncurkan Desember 2006, jumlah pelanggan BlackBerry XL terus meningkat pesat dan diperkirakan masih prospek beberapa tahun kedepan," katanya.

GM Network Exelcomindo, Dody Supriyono, menyebutkan, infrastruktur yang dimiliki XL cukup memadai meski jumlah pelanggan terus meningkat.Jaringan XL, misalnya sudah di 3G.

"XL mengincar pasar Sumut yang pertumbuhan pelanggannya dinilai cukup bagus setiap tahun khususnya di akhir tahun 2008," katanya.

Handono, menegaskan, BlackBerry semakin diminati karena perangkat (handheld ) mudah diperoleh di toko ponsel dan harganya juga sedikit turun.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009