Tokyo (ANTARA) - Harga minyak sedikit menguat di awal perdagangan Asia pada Jumat, memperpanjang reli ke hari ketiga, karena investor menimbang harapan untuk permintaan bahan bakar yang kuat setelah penarikan yang lebih besar dari perkiraan dalam stok minyak mentah AS, menepis kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global.

Minyak mentah berjangka Brent naik 7 sen atau 0,1 persen, menjadi diperdagangkan di 96,66 dolar AS per barel pada pukul 00.30 GMT setelah menetap 3,1 persen lebih tinggi pada Kamis (18/9/2022).

Minyak mentah West Texas Intermediate AS naik 15 sen atau 0,2 persen menjadi diperdagangkan di 90,65 dolar AS per barel, menyusul kenaikan 2,7 persen di sesi sebelumnya.

Namun, kontrak acuan menuju kerugian mingguan sekitar 1,5 persen.

"Pasar minyak naik karena data mingguan AS yang bullish mendukung optimisme untuk peningkatan permintaan bahan bakar untuk jangka pendek," kata Satoru Yoshida, seorang analis komoditas di Rakuten Securities.

"Tetapi kekhawatiran resesi yang masih ada dan kemungkinan peningkatan produksi oleh OPEC+ kemungkinan akan membatasi kenaikan," katanya, merujuk pada Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan mitranya, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+.

Persediaan minyak mentah AS turun tajam karena negara itu mengekspor rekor 5 juta barel minyak per hari dalam seminggu terakhir, dengan perusahaan-perusahaan minyak menemukan permintaan besar dari negara-negara Eropa yang ingin menggantikan minyak mentah dari Rusia yang bertikai.

Stok minyak mentah AS turun 7,1 juta barel dalam pekan hingga 12 Agustus, data Badan Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan, terhadap ekspektasi penurunan 275.000 barel.

Kilang-kilang minyak AS berencana untuk terus beroperasi mendekati kecepatan penuh pada kuartal ini, menurut eksekutif dan perkiraan, karena penyuling mengesampingkan kekhawatiran tentang resesi dan penurunan harga eceran untuk mengirimkan lebih banyak bahan bakar.

Sekretaris Jenderal OPEC yang baru, Haitham Al Ghais, mengatakan kepada Reuters bahwa pembuat kebijakan, pembuat undang-undang dan investasi sektor minyak dan gas yang tidak mencukupi harus disalahkan atas harga energi yang tinggi, bukan kelompok ini.

Pada pertemuan berikutnya pada 5 September, Al Ghais mengatakan OPEC+, yang mencakup pemasok minyak lainnya seperti Rusia, "dapat memangkas produksi jika perlu, kami dapat menambah produksi jika perlu... Itu semua tergantung pada bagaimana keadaan berlangsung."

OPEC ingin memastikan Rusia tetap menjadi bagian dari kesepakatan produksi minyak OPEC+ setelah 2022, kata Al Ghais.

Rusia memperkirakan peningkatan produksi dan ekspor hingga akhir 2025, sebuah dokumen kementerian ekonomi yang dilihat oleh Reuters menunjukkan, mengatakan pendapatan dari ekspor energi akan naik 38 persen tahun ini, sebagian karena volume ekspor minyak yang lebih tinggi.

Sementara itu, Iran meningkatkan ekspor minyaknya pada Juni dan Juli dan dapat meningkatkannya lebih lanjut bulan ini dengan menawarkan diskon yang lebih dalam untuk minyak mentah Rusia untuk pembeli utamanya China, kata perusahaan yang melacak arus tersebut.

Baca juga: Saham global terangkat "rebound" minyak, saat pasar terpukul libur AS

Baca juga: Minyak berbalik naik didorong rencana China mendukung ekonominya

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022