Lomba panjat pinang dapat mengajarkan para peserta mengenai arti gotong royong di antara anggota tim, ....
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI menutup rangkaian peringatan HUT Ke-77 RI dan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77 dengan menggelar beragam perlombaan tradisional di Jakarta, Sabtu.

Menurut Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, penyelenggaraan lomba tradisional untuk menguatkan nilai-nilai luhur yang telah menjadi cerminan bangsa Indonesia sejak dahulu ke dalam diri seluruh pegawai Kemenkumham.

"Ada lomba panjat pinang, tarik tambang, balap karung, dan balapan bakiak. Lomba-lomba ini bukan hanya euforia belaka, melainkan juga mengajarkan nilai luhur bangsa Indonesia kepada pegawai Kemenkumham," kata Andap.

Andap menjelaskan lomba panjat pinang dapat mengajarkan para peserta mengenai arti gotong royong di antara anggota tim, kerja keras, sikap pantang menyerah, rela berkorban, dan pentingnya memiliki semangat tinggi untuk mencapai puncak pohon pinang.

"Ada pula tarik tambang yang memperkuat soliditas dan mempererat hubungan antaranggota tim. Lomba ini mengajarkan pegawai nilai suportif, kerja sama, dan kepemimpinan," tambah Andap.

Terkait dengan balap karung, menurut Andap, lomba tersebut mengingatkan para peserta agar senantiasa berjuang dan pantang menyerah untuk tujuan akhir. Ketika terjatuh saat berlari, mereka harus kembali bangkit hingga berhasil dan sukses mencapai garis akhir.

"Lomba terakhir adalah balapan bakiak. Lomba ini mengasah kerja sama tim yang dipadukan dengan ketangkasan. Nilai-nilai ini diperlukan agar kelompok dapat berjalan dengan harmonis dan lebih cepat," ucapnya.

Ia menilai momen perlombaan tersebut juga menjadi ajang silaturahmi setelah sekian lama pegawai Kemenkumham hanya melakukan perayaan HUT RI dan HDKD secara virtual.

Melalui semarak lomba tradisional tahun ini, Andap berharap para pegawai Kemenkumham dapat menghayati dan menerapkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia untuk mewujudkan Kemenkumham yang makin baik dari waktu ke waktu.

"Nilai-nilai positif ini akan membuat kinerja Kemenkumham makin baik demi pelayanan publik yang lebih berkualitas. Sejalan dengan tema HDKD tahun ini, yaitu Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan Ber-AKHLAK," ucapnya.

Baca juga: Kemenkumham tanggapi gugatan merek Gen Halilintar di PN Jakpus
Baca juga: Kemenkumham Bali untuk pertama kalinya peringati HUT pada 19 Agustus

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022