Jakarta (ANTARA/JACX) - Peringatan HUT ke-77 RI masih terasa di sejumlah daerah, terutama dengan kehadiran bendera Merah-Putih dan aneka lampu serta hiasan.

Kemeriahan HUT RI juga terasa di media sosial yang menuggah foto dan video masyarakat yang memperingati Kemerdekaan Tanah Air itu.

Salah satu unggahan video muncul di Twitter pada 21 Agustus 2022. Video itu menampilkan kereta gantung berwarna biru yang melintas dan melewati sebuah bangunan.

Uniknya, kereta gantung itu mengeluarkan klakson dengan irama lagu Hari Merdeka. Video itu menyisipkan narasi, "Kereta di Jepang Edisi Kemerdekaan."

Unggahan itu telah disukai lebih dari 1.400 pengguna lain Twitter dan mendapatkan komentar dari 290 pengguna lain.

Namun, benarkah terdapat kereta gantung di Jepang yang membunyikan klakson dengan irama lagu Hari Merdeka?
 
Unggahan hoaks yang menyebut terdapat kereta di Jepang edisi Kemerdekaan yang mengeluarkan klakson ber-irama lagu Hari Merdeka Indonesia. (Twitter)


Penjelasan:
ANTARA menemukan video pada unggahan itu menampilkan kereta gantung URBAN FLYER 39-type “Magical Mirai 2021” HM yang melintas di kota Chiba, Jepang.

Unggahan kereta gantung yang membunyikan klakson Hari Merdeka itu mirip dengan tampilan kereta gatung pada unggahan akun Twitter @Yuno5852F pada 3 November 2021.

Kereta nomor 016 dalam foto-foto itu dioperasikan di depan kantor prefektur kota Chiba.

Video yang beredar dengan mengklaim kereta di Jepang edisi kemerdekaan merupakan suntingan.

Suara klakson dengan irama Hari Merdeka itu dapat ditemukan pada unggahan akun YouTube Ardhitya Prihantoro. Akun Ardhitya itu mengunggah video berdurasi 30 detik yang menampilkan truk melintasi jalan di pegunungan.

Sesaat ketika mendekati kamera, truk itu lantas membunyikan klakson dengan irama lagu Hari Merdeka. Klakson itu sayup-sayup terdengar semakin perlahan seiring dengan laju truk yang menjauh dari kamera.

Dengan demikian, unggahan video pada akun Twitter yang mengklaim terdapat kereta di Jepang edisi Kemerdekaan dengan klakson ber-irama Hari Merdeka adalah salah atau hoaks.

Klaim: Kereta Jepang suarakan lagu Hari Merdeka Indonesia
Rating: salah atau hoaks

Cek fakta: Hoaks! Foto manusia lumba-lumba hasil persilangan dengan orang Jepang

Baca juga: Anggota DPR ingin impor kereta bekas dari Jepang disetop

Baca juga: Sandiaga usul bikin kereta gantung atasi kemacetan di Puncak Bogor

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022