Surabaya (ANTARA) - Persebaya krisis lini tengah menghadapi PSIS Semarang pada pekan keenam Liga 1 musim kompetisi 2022/2023 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa sore.

Tim tuan rumah kehilangan dua gelandang intinya, yaitu Alwi Slamat yang harus absen lantaran sanksi larangan bermain akibat kartu merah dan pemain asing Higor Vidal karena cedera.

Vidal bahkan harus menepi hingga enam pekan agar kembali pulih, sedangkan M Supriyadi diragukan tampil.

"Tapi kami bersyukur Marselino Ferdinan sudah sembuh dan akan bermain sejak menit awal," ujar pelatih Persebaya Aji Santoso di Surabaya, Selasa pagi.

Selain Marselino, pelatih menaruh harapan besar kepada Sho Yamamoto agar bermain lebih kreatif bersama Ahmad Nufiandani untuk memberi umpan-umpan terukur kepada striker Silvio Junior.

Pembuktian juga harus bisa ditunjukkan gelandang muda Brylian Aldama yang pekan sebelumnya absen karena cedera. serta Andre Oktaviansyah yang lawan Borneo FC sempat dimainkan di babak kedua.

Kemenangan menjadi harga mati bagi tuan rumah, sebab dari lima pertandingan yang sudah dilalui, Rizky Ridho dan kawan-kawan hanya menang sekali, imbang sekali dan sudah tiga kali menelan kekalahan.

Baca juga: Borneo FC tekuk Persebaya 2-1

Menurut Aji, di setiap pertandingan, baik kandang maupun tandang, anak asuhnya sudah bermain baik, namun hasil akhir yang diakuinya tak sesuai harapan.

Gol melalui skema bola mati dan kebobolan di menit-menit akhir, bahkan injury time, kerap menjadi momok akibat kesalahan yang berulang.

"Di setiap latihan, saya selalu mengevaluasi dan anak-anak sudah mengantisipasinya. Tapi, di pertandingan hasilnya lain. Ini tidak boleh terjadi lawan PSIS dan kami harus menang," ucapnya.

Pelatih asal Malang tersebut juga meminta pemainnya termotivasi setelah suporter Bonek Mania memberikan suntikan semangat, baik melalui media sosial maupun saat kembali dari Samarinda beberapa waktu lalu.

Menurut Aji Santoso, masukan tersebut harus dijadikan kritikan membangun dan menjadi penyemangat tim agar selama 2x45 menit di lapangan tetap fokus serta meraih hasil terbaik.

Baca juga: Persebaya gagal patahkan rekor Madura United seusai bermain imbang 2-2

Hal senada disampaikan bintang muda Persebaya Marselino Ferdinan yang menjadikan kritikan sebagai motivasi di lapangan, termasuk semangat mengalahkan PSIS Semarang.

"Saya dan teman-teman sudah siap dan akan memberikan yang terbaik. Kami akan berupaya memberikan tiga poin, apalagi mendapat dukungan puluhan ribu bonek-bonita," kata pemain Timnas Indonesia tersebut.

Pertandingan Persebaya melawan PSIS Semarang dijadwalkan kick off pukul 15.30 WIB sore nanti.

Dalam klasemen sementara, tuan rumah masih berkutat di papan bawah, atau berada di urutan 14 dengan koleksi empat poin.

Sedangkan, tim tamu menghuni papan tengah atau di peringkat delapan dengan raihan tujuh poin hasil dua kali menang, sekali imbang dan dua kali menderita kekalahan.

Baca juga: PSIS raih tiga poin penuh di kandang setelah menang atas Persik
Baca juga: Luis Milla dikontrak 2 tahun sebagai pelatih Persib


Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022