Beliau lebih suka meninjau pekerjaan yang sudah berjalan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan pihaknya berencana menggelar pelatihan untuk 1.565 pekerja di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Sabtu (27/8), menjelang peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Hari Sabtu nanti akan kita lakukan pelatihan untuk pekerja sebanyak 1.565 orang di Sepaku Semoi sana. Itu bukan orang luar, tapi orang dari dalam semua kita branding menjadi ahli konsultan, ahli konstruksi karena ini akan segera masuk," kata Menteri PUPR Basuki kepada wartawan di sela meninjau perkembangan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, Selasa.

Basuki mengaku sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo mengenai perkembangan proses pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara yang saat ini masih dalam tahap lelang.

Menteri PUPR menyatakan bahwa dirinya berencana menandatangani kontrak untuk pemenang lelang yang kini mendekati tenggat masa sanggah.

"Tadi saya lapor beliau sedikit karena saya akan menandatangani kontraknya, mungkin paling lambat minggu depan akan kita tanda tangani kontraknya karena DIPA-nya sudah siap masa sanggah sudah sampai minggu ini. Jadi, nanti akan kita tanda tangani kontraknya," kata Basuki.

Menteri PUPR juga belum bisa memastikan apakah Presiden Jokowi akan hadir langsung dalam prosesi groundbreaking pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara.

"Nah groundbreaking itu selama ini, selama berapa tahun saya menjadi Menteri PUPR, Pak Presiden itu enggak suka. Beliau lebih suka meninjau pekerjaan yang sudah berjalan. Itu tadi saya sampaikan, Presiden senyum aja," kata Basuki.

Basuki hanya bisa memastikan bahwa dari informasi sejauh ini, Presiden Jokowi tidak berencana mengunjungi IKN Nusantara hingga akhir bulan Agustus ini.

Kendati demikian, Menteri PUPR memastikan bahwa proses pengerjaan IKN Nusantara yang berlokasi Provinsi Kalimantan Timur akan terus berlanjut dan ketika berjalan Presiden Jokowi bakal menyambangi pembangunan ibu kota baru tersebut.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022