Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Madrid, Spanyol, memperingati Hari Kemerdekaan bersama diaspora Indonesia dengan menggelar sejumlah kegiatan.

Menurut keterangan tertulis dari KBRI Madrid pada Selasa, perayaan HUT Kemerdekaan ke-77 RI itu berlangsung meriah di tengah cuaca sejuk pergantian musim.

Upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih di kantor KBRI pada Rabu (17/8) berjalan lancar dan khidmat, kata keterangan itu.

Upacara itu dipimpin Duta Besar Dr. Muhammad Najib dan juga disiarkan lewat kanal YouTube Indonesia in Madrid agar masyarakat Indonesia di Spanyol bisa turut menyaksikan upacara tersebut.

Dalam sambutannya, Najib mengimbau WNI dan diaspora Indonesia di Spanyol untuk terus berbangga dan menjaga rasa nasionalisme di perantauan.

Selain upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih pada Rabu (17/8), perayaan juga diisi dengan berbagai kegiatan informal pada Minggu (21/8), seperti jalan santai menyusuri Kota Madrid dan penyerahan hadiah lomba dan sayembara.

Sayembara berhadiah menjadi gebrakan Dubes Najib untuk mendekatkan masyarakat dengan diplomasi, tulis keterangan dari KBRI itu.

Kegiatan jalan santai diikuti oleh 96 peserta berbusana merah putih yang menyusuri rute sepanjang 1,5 km mulai dari Puerta de Alcala hingga Parque de Retiro.

Acara itu diakhiri dengan piknik di taman dan pemberian hadiah kepada pemenang pakaian terunik.

KBRI Madrid juga menyelenggarakan lomba video satu menit bertemakan “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” bagi para WNI yang tinggal di Spanyol.

Baca juga: KBRI Madrid jadi tuan rumah peringatan ASEAN Day di Spanyol
Baca juga: KBRI Madrid: Pemerintah Indonesia-Spanyol saling dukung kedaulatan


Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022