Angka ini jauh melebihi dari target kegiatan Kreasimuda untuk pembukaan rekening tabungan segmen anak, pelajar, dan mahasiswa yaitu sebanyak 250.000 rekening
Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi menyebutkan sebanyak 738.850 tabungan pelajar dibuka selama perhelatan program Kejar Prestasi Generasi Muda (Kreasimuda) Indonesia 2022.
 

Sejak 2020, OJK meluncurkan program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dan Program Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda) yang merupakan implementasi dari Keputusan Presiden RI Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung (HIM).
  "Selama periode Kreasimuda 2022, 1 Juli sampai 15 Agustus 2022, terdapat pembukaan rekening tabungan sebanyak 738.853 rekening pelajar, terdiri dari 694.955 rekening simpanan pelajar (Simpel) dan 43.898 rekening anak lainnya," katanya dalam puncak Kreasimuda 2022 yang dipantau di Jakarta, Kamis.

  Adapun nilai dana pelajar yang ditabung dalam periode tersebut mencapai Rp104,37 miliar yang terdiri dari Rp45,02 miliar untuk tabungan Simpel dan Rp59,35 miliar untuk tabungan anak lainnya.

  "Angka ini jauh melebihi dari target kegiatan Kreasimuda untuk pembukaan rekening tabungan segmen anak, pelajar, dan mahasiswa yaitu sebanyak 250.000 rekening," katanya.

  Ia pun meminta para pelajar untuk terus menabung yang bermanfaat agar semakin pandai membuat perencanaan keuangan yang penting untuk masa depan.

  “Anak-anak harus bisa memisahkan pengeluaran untuk kebutuhan dan keinginan. Itu harus bisa dibedakan dan uangnya bisa ditabung sekaligus menyiapkan perencanaan keuangan, belajar hidup hemat dan punya masa depan yang bagus,” katanya.

  Adapun kegiatan Kreasimuda kali ini mengangkat tema “Wujudkan Generasi Muda yang Kreatif, Inovatif, dan Inklusif” yang meliputi rangkaian kegiatan pembukaan rekening, penerbitan Surat Edaran (SE) yang mendukung Program KEJAR, publikasi, sosialisasi, dan edukasi keuangan secara masif kepada para pelajar serta mahasiswa.

  Selain pembukaan rekening, sebanyak 2.404 kegiatan sosialisasi dan edukasi keuangan kepada pelajar, mahasiswa, dan perangkat sekolah lain juga dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia yang diikuti lebih dari 273.436 peserta.

  Dalam acara ini juga telah dilakukan peluncuran Program SiMUDA Gen 2 sebagai jawaban kebutuhan masyarakat khususnya bagi kelompok usia 18 – 30 tahun terhadap produk tabungan tujuan investasi dan atau lainnya dalam rangka peningkatan kemampuan perencanaan keuangan.

Baca juga: OJK: Pelajar perlu dibekali pemahaman keuangan, agar belajar investasi

Baca juga: OJK galakkan menabung lewat lomba cerdas cermat

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022