Jakarta (ANTARA) - Rute kereta barang baru yang menghubungkan Provinsi Shaanxi yang terletak di China barat laut dengan Vietnam, mulai dioperasikan dengan tujuan untuk dapat mempersingkat waktu tempuh pengiriman barang dari moda sebelumnya yang menggabungkan kereta dan laut.

Sebuah kereta barang pada Selasa (23/8) berangkat dari Pelabuhan Internasional Xi'an di Provinsi Shaanxi, China barat laut, menuju Hanoi di Vietnam, menandai dimulainya pengoperasian rute kereta barang China-Vietnam pertama yang menghubungkan Shaanxi dan Vietnam.

Kereta tersebut terdiri dari 41 gerbong bermuatan asbes yang diangkut dari Kazakhstan ke Xi'an via layanan kereta barang China-Eropa.

Sebelumnya, dibutuhkan waktu sekitar 20 hari untuk mengangkut barang dari Xi'an ke Vietnam via transportasi gabungan rel-laut tradisional.

Berkat rute kereta barang China-Vietnam via Pelabuhan Pingxiang di Guangxi, durasi perjalanan dapat dipersingkat menjadi delapan hari dengan jarak 2.384 kilometer.

Total volume perdagangan antara China dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam tujuh bulan pertama tahun ini mencapai 3,53 triliun yuan (1 yuan = Rp2.171).

Dengan berkurangnya durasi pengangkutan, layanan kereta barang baru tersebut akan memungkinkan perusahaan-perusahaan China untuk meningkatkan eksistensi di pasar ASEAN.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022