Tangerang (ANTARA) - Ketua Bidang I Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) Franka Makarim mengajak para orang tua membacakan dongeng untuk anak-anaknya.

“Banyak sekali manfaat dari mendorong untuk anak ini, di antaranya mengajak anak bernalar kritis. Dengan membaca cerita itu, anak jadi bertanya itu tadi tokoh utamanya siapa, ngapain aja dan sebagainya,” ujar Franka pada ajang penguatan karakter Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui Profil Pelajar Pancasila di Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu.

Dia menambahkan mendongeng juga menumbuhkan kecintaan pada literasi pada anak. Usia yang tepat untuk membacakan dongeng untuk anak dimulai dari dalam kandungan.

“Kalau bisa dari dalam perut, begini anak lahir tetap bacakan dongeng untuk anak. Tetap semangat bercerita, meski terlihat tidak mendengarkan tapi sebenarnya mereka mendengarkan apa yang kita baca,” terang Franka.

Baca juga: Ibu Negara bacakan dongeng bagi anak PAUD di Tangerang

Dalam kegiatan itu, hadir Ibu Negara Iriana Jokowi yang juga Pembina OASE KIM, beserta dengan istri Wapres yakni Wury Ma’ruf Amin. Dalam kunjungannya, Ibu Negara mengajak anak-anak untuk mulai membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan melakukan simulasi cuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Ibu Negara juga turut membacakan dongeng berjudul “Laut Rumahku” kepada anak-anak. Aktivitas mendongeng diyakini mampu menjadi sarana efektif dalam memberikan pengajaran dan pembelajaran yang akan berimbas pada pembentukan karakter anak.

Pembentukan dan penguatan karakter anak yang diharapkan sejalan Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinnekaan global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

Selain juga diberikan donasi berupa 300 paket buku bacaan untuk 150 sekolah PAUD dari OASE KIM Bidang 1 (Pengasuhan dan Pendidikan Karakter), selanjutnya 31 sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) untuk 6 sekolah PAUD, 9 SD, dan 1 Puskesmas yang diserahkan secara simbolis berupa plakat oleh Bidang 2 (Peningkatan Kualitas Kesehatan), 20 set alat olahraga untuk sekolah PAUD dari Bidang 3 (Sosial dan Budaya), 30 alat mesin pertanian pengolah minyak goreng untuk 5 kelompok dan 35 rumah tangga serta 400 bibit untuk 100 petani dari Bidang 5 (Indonesia Hijau).***3***


Baca juga: Iriana Jokowi-Wury Amin hadiri penguatan karakter PAUD di Tangerang

 

 

 

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022