Kita berharap ini akan menjadi salah satu kegiatan tersukses selama pelaksanaan MTQ Korpri,
Padang (ANTARA) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) VI tingkat nasional tahun 2022 di Padang, Sumatera Barat, akan mempertandingkan sembilan cabang yang diikuti kafilah dari 34 provinsi.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Korpri Zudan Arif Fakrullah di Padang, Rabu menjelaskan sembilan cabang itu masing-masing cabang Tilawah Al Qur'an, Tartil Al Qur'an, (Juz Amma) dan Surah Al Baqarah Cabang Hifzh Al Qur'an.

Kemudian cabang Hifzh Al Qur'an Golongan Juz 30 Golongan Surah Al Imran dan An Nisa dan tujuh Surah Pilihan, Dakwah Al Quran dan Doa, Cabang Khath Al Quran, Dekorasi, Kontemporer dan Digital.

Lalu cabang Lomba Khutbah Jumat dan Adzan dan Cabang Penulisan Artikel Al Quran.

"Sampai saat ini sejumlah kementerian dan 34 provinsi masih bersedia untuk berpartisipasi dalam kegiatan nasional ini," katanya.

Ia mengatakan kegiatan itu akan dilaksanakan pada 6 sampai 13 November 2022. Namun persiapan telah mulai dilakukan agar bisa terlaksana dengan baik.

"Kita berharap ini akan menjadi salah satu kegiatan tersukses selama pelaksanaan MTQ Korpri," katanya.

Menurutnya MTQ tahun ini lebih memperluas makna mengaji, bukan hanya membaca Al Quran tetapi juga mendalami isi kandungan Al Quran sampai ke kegiatan-kegiatan yang bersentuhan dengan nilai-nilai Al Quran," katanya.

Dengan demikian, kata  Zudan Arif Fakrullah , diharapkan seluruh ASN di Indonesia dapat meningkatkan pemahaman spiritual juga meningkatkan rasa cinta tanah air yang kemudian diamalkan dalam kehidupan sebagai ASN.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi berharap pelaksanaan MTQ akan berjalan sukses dan jumlah kafilah yang datang ke Padang lebih banyak dari kegiatan sebelumnya.

Sebagai tuan rumah, Sumbar akan mempersiapkan segala hal semaksimal mungkin dan bisa memberikan kenyamanan kepada peserta selama berada di Ranah Minang.

Pembukaan MTQ VI rencananya akan dilaksanakan di Istana Gubernuran. Sementara penutupan akan dilaksanakan di Masjid Raya Sumatera Barat yang baru-baru ini mendapatkan penghargaan sebagai salah satu masjid dengan desain terindah di dunia.

"Untuk venue kami sudah menyiapkan delapan tempat yang berlokasi di Kota Padang yaitu Masjid Raya Sumbar, Masjid Al Hakim, Aula Kantor Gubernur Sumbar, Kantor Dinas Tenag Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar, Aula UIN Imam Bonjol, Aula SMAN 1 Padang, Aula Dinas Kebudayaan Prov. Sumbar, Laboratorium Komputer BKD Provinsi Sumatera Barat," demikian Mahyeldi.

Baca juga: DPN: Sumatera Barat tuan rumah MTQ Ke-6 Korpri tingkat nasional

Baca juga: Penutupan MTQ Ke-5 Korpri tingkat nasional berlangsung sederhana

Baca juga: Sukses gelar MTQ, Gubernur Sultra raih penghargaan dari DPN Korpri

Baca juga: Kalimantan Selatan juara umum MTQ Korpri Tingkat Nasional 2021

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022