Upaya mendorong ketahanan pangan, juga harus dilakukan terhadap komoditas pangan lainnya seperti kedelai, cabai, dan bawang putih
Semarang (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) yang juga Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebutkan kerja sama antardaerah menjadi solusi pengendalian inflasi.

"Kendalikan inflasi dengan kerja sama antardaerah," kata Perry saat membuka Sidang Pleno XXII ISEI di Semarang, Jawa Tengah, Rabu.

Ia menuturkan dunia saat ini sedang mengalami risiko stagnasi. "Pelambatan ekonomi. Stagnasi, tetapi inflasi tinggi," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, dalam upaya pengendalian harga perlu dilakukan kebijakan yang back to basic.

Menurut dia, dalam bidang ketersediaan pangan, khususnya beras, produksi secara nasional lebih dari cukup. Namun, lanjut dia, terdapat surplus dan defisit pangan di dua wilayah yang berbeda.

Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama antardaerah untuk mengatasi kebutuhan pangan tersebut.

Perry juga mendorong dilakukannya urban farming serta mengubah perilaku masyarakat dalam pemenuhan pangan.

"Ketahanan pangan kita baru beras, tetapi kita sudah pindah ke gandum. Mengapa tidak beralih ke ketela atau singkong," katanya.

Upaya mendorong ketahanan pangan, lanjut dia, juga harus dilakukan terhadap komoditas pangan lainnya seperti kedelai, cabai, dan bawang putih.

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022