Beijing (ANTARA) - Detektor partikel energi yang dipasang di Wentian, modul laboratorium pertama stasiun luar angkasa China, membantu awak Shenzhou-14 beraktivitas di luar wahana antariksa (extravehicular activities/EVA), sebut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Modul Wentian telah beroperasi dengan stabil di orbit selama hampir sebulan, dan para awak Shenzhou-14 terus berlatih dan bersiap untuk melakukan serangkaian EVA pertama mereka dalam misi ini.

Radiasi partikel merupakan ancaman utama bagi keselamatan wahana antariksa dan para astronaut.

Detektor partikel energi yang dipasang di Wentian dapat membantu para astronaut memilih waktu pelaksanaan EVA mereka guna memastikan keamanan di lingkungan dengan radiasi tinggi.

Detektor ini sebagian besar digunakan untuk mengukur energi, arah dan arus berbagai partikel di orbit stasiun luar angkasa, termasuk proton, elektron, ion berat dan neutron berenergi tinggi, untuk menyediakan data referensi inti bagi EVA yang dilakukan para astronaut, material luar angkasa, eksperimen biologis dan keamanan stasiun luar angkasa.

Detektor ini memiliki empat modul pendeteksian, yang dapat mendeteksi berbagai jenis partikel dan rentang spektrum energi yang luas, menurut CMSA.

Pengukuran akurat dan kuantitatif terhadap distribusi spasial dan temporal radiasi partikel yang dilakukan detektor itu dapat memberikan data langsung bagi para astronaut untuk memilih rentang waktu pelaksanaan EVA.

Radiasi partikel juga merupakan ancaman utama bagi wahana antariksa di orbit. Data menunjukkan bahwa lebih dari 40 persen kerusakan yang terjadi di wahana antariksa disebabkan oleh radiasi partikel.

Pendeteksian radiasi partikel yang akurat merupakan parameter utama dalam upaya menghindari risiko di orbit, pencarian lokasi kerusakan dan pemulihan, serta evaluasi masa pakai dan penggantian komponen utama di stasiun luar angkasa itu, menurut CMSA.

Salah satu misi penting stasiun luar angkasa itu adalah menyediakan platform untuk eksperimen material baru dan eksperimen biologis.

Pendeteksian partikel yang akurat akan menyediakan parameter penelitian utama untuk eksperimen-eksperimen ini karena radiasi partikel merupakan faktor lingkungan utama terkait perbedaan antara luar angkasa dan permukaan bumi.

China pada 24 Juli meluncurkan modul laboratorium Wentian, yang terdiri dari kabin kerja, kabin airlock, dan kabin sumber daya.

Modul ini berfungsi sebagai cadangan bagi modul inti sekaligus platform eksperimen ilmiah yang kuat.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022