Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll menyatakan bahwa laga tandang melawan tuan rumah Arema FC dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur akan menjadi pertandingan yang cukup keras dan sulit.

Menurut Doll dalam beberapa pertandingan terakhir skuad Singo Edan telah membuktikan bahwa mereka bisa bermain cukup keras dan mampu bertahan dengan baik.

"Mereka selalu bersabar dan menunggu momen untuk melakukan serangan balik. Jadi besok akan jadi pertandingan keras dan sulit untuk Persija," kata Doll dalam jumpa pers pralaga di Stadion Kanjuruhan, Sabtu.

Doll menjelaskan, untuk melawan tim yang memiliki pertahanan yang baik seperti Arema, maka dibutuhkan penguasaan bola yang harus sama baiknya dengan tim lawan. Ia menilai, pada saat tim yang menguasai permainan dan tiba-tiba kehilangan bola, bisa menyebabkan permainan menjadi tidak sesuai dengan strategi yang diterapkan.

Oleh karena itu, Doll mengatakan dalam melawan tim yang memiliki pertahanan baik juga diperlukan kesabaran dan ketenangan dalam mengolah si kulit bundar. Kemudian, penguasaan bola dan umpan-umpan harus berjalan dengan baik.

"Bermain dengan tim yang bertahan, kita harus berhati-hati, harus sabar, dan kita harus melakukan passing yang baik serta penguasaan bola yang baik pula. Kemudian, tentu saja kita membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi dan kita juga perlu bermain secara pintar dan tenang," katanya.

Baca juga: Polres Malang siapkan ribuan personel amankan laga Arema vs Persija
Baca juga: Singo Edan percaya diri mampu ladeni permainan Macan Kemayoran


Dalam menghadapi tim besar seperti Arema yang bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya, tambahnya, juga dibutuhkan motivasi tinggi dari anak asuhnya. Ia meyakini skuad Macan Kemayoran saat ini memiliki motivasi tinggi usai mengantongi kemenangan pada dua laga terakhirnya melawan RANS Nusantara FC dan Persita Tangerang.

"Ini dibutuhkan motivasi yang tinggi dari setiap pemain. Bagi saya, dengan kesuksesan kami memenangkan dua pertandingan terakhir, itu membuat kita tidak terlalu merasakan lelah," kata Doll.

Ia menambahkan, salah satu pemain Arema yang menjadi perhatiannya adalah keberadaan penyerang berdarah Portugal-Guinea Bissau, Abel Camara. Namun, pada setiap tim yang berlaga di Liga 1, masing-masing memiliki pemain yang spesial dan berkarakter menarik.

"Ada karakter yang menarik dari striker Arema. Namun, setiap tim punya pemain yang spesial pada masing-masing tim, saya akan lebih fokus pada permainan tim kita," katanya.

Gelandang Persija Hanif Sjahbandi menambahkan ia ingin mendapatkan hasil terbaik di pertandingan besok, mengingat ia pernah merumput bersama Arema dan siap menghadapi tekanan dari para pendukung tuan rumah.

"Ini spesial buat saya, karena saya sebelumnya berseragam Arema dan kini kembali ke sini bersama Persija. Kami datang ke sini ingin mendapatkan hasil terbaik. Terkait tekanan dari pendukung, itu hal yang lumrah ketika kita bermain di klub besar, pasti akan ada tekanan khususnya dari tuan rumah," katanya.

Arema saat ini menempati peringkat kedelapan klasemen dengan koleksi 10 poin, dua strip di bawah Persija yang punya satu poin lebih banyak.

Baca juga: Bali United tampil dominan kala menang telak 4-0 atas Persik Kediri
Baca juga: Persis Solo tak mau ambil pusing rekor nirkalah kandang Borneo FC

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022