Jakarta (ANTARA) -

Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) menyatakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pondok Pesantren bukti Ganjar Pranowo peduli kepada santri dan ulama.

"Ganjar begitu memerhatikan pesantren dengan raperda tentang fasilitasi dan sinergitas penyelenggaraan pondok pesantren, agar para santri nanti bisa lebih berkualitas dan berdaya saing menghadapi dunia luar," kata Koordinator Wilayah SDG Yogyakarta Ijtihadul Umam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, Ganjar dikenal begitu mendukung moderasi beragama dan memerhatikan kualitas pendidikan pesantren.

Baca juga: Relawan sebut Ganjar konsisten kembangkan kewirausahaan santri

Dalam memimpin, kata dia, Ganjar selalu merangkul kalangan pesantren, mulai dari santri hingga para ulama. Bahkan, kepedulian Ganjar kepada pendidikan pesantren sangat menonjol dengan langkah konkret dalam memperjuangkan penyusunan raperda tersebut.

Melihat kepedulian itu, Umam menyebutkan ratusan santri, ulama, dan masyarakat Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan dukungan pada gerakan "Ganjar Presiden 2024". Dukungan ini dideklarasikan dalam acara "Gebyar Sholawat dan Doa Bersama" yang diinisiasi relawan Santri Dukung Ganjar (SDG).

"Gebyar Sholawat merupakan ikhtiar akhirat, karena ikhtiar duniawi kita mengadakan agenda-agenda ada safari pesantren, ada bantu UMKM, kemudian silaturahim majelis taklim, Jumat berkah berbagi, dan safari tokoh ustadz kiai," katanya.

Baca juga: Ulama harap Ganjar wujudkan pendidikan gratis santri dan dai

Umam berkomitmen akan terus mengkonsolidasikan dukungan masyarakat DIY di seluruh wilayah agar aspirasi "Ganjar Presiden 2024" dapat terwujud.

Pimpinan Pondok Pesantren Nur Thoha KH. M. Sujadi Abdul Majid mengatakan memberikan dukungan penuh kepada Ganjar Pranowo. Kedekatan dan perhatian Ganjar kepada ulama dan pesantren membuatnya tersentuh. Ganjar akan membawa Indonesia lebih maju.

Menurut dia, Ganjar adalah pemimpin yang dicintai rakyatnya. Panah cinta tersebut dipancarkan lewat sikapnya yang merakyat, tegas, adil, berwibawa, dan antikorupsi.

Baca juga: Ratusan santri deklarasi dukung Ganjar Pranowo jadi capres 2024

"Beliau ini kan orang baik, terbukti dengan dua periode disukai oleh rakyat Jawa Tengah. Artinya bukan sekadar penampilannya, tapi memang akhlaknya baik apalagi dekat dengan santri-santri otomatis saling bisa gaul," katanya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022