Ada banyak WO yang diajak bareng-bareng menyukseskan kegiatan pelayanan kependudukan terintegrasi kali ini.
Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 401 vendor wedding organizer (WO) atau jasa konsultan yang mempersiapkan acara pernikahan ikut menyukseskan pelayanan kependudukan terintegrasi, di Grand Empire Palace, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan, program pelayanan kependudukan terintegrasi ini merupakan wujud dari gotong royong yang biasa diserukan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

"Ada banyak WO yang diajak bareng-bareng menyukseskan kegiatan pelayanan kependudukan terintegrasi kali ini," kata Agus.

Adapun pelayanan kependudukan terintegrasi itu, di antaranya meliputi Lontong Balap (Layanan Online Terpadu One Gate System Bersama Dispendukcapil dan Pengadilan Negeri) dan Lontong Kupang (Layanan Online Terbaru One Gate System antara Dispendukcapil Surabaya, Pengadilan Agama Surabaya).

Agus mengatakan, acara pelayanan kependudukan terintegrasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan.

"Jadi fokusnya adalah di Program Lontong Kupang dan Lontong Balap, masyarakat bisa mendapatkan produk-produk seperti penetapan dari pengadilan, mendapat buku nikah, kalau ganti nama dapat akta kelahiran dan sebagainya," kata dia.

Sesuai dengan arahan wali kota, kata Agus, wajib hukumnya membahagiakan warga Surabaya. Oleh karena itu, ukar dia, di event layanan kependudukan terintegrasi ini, warga juga akan mendapatkan beberapa fasilitas pesta pernikahan.

"Karena ini masih dalam momen HUT ke-77 RI, Pak Wali Kota ingin menyenangkan warganya dengan cara memberikan kemudahan bagi warga yang belum mendapat adminduk dan juga membantu para pelaku WO di Surabaya," kata Agus.
Baca juga: PN Surabaya kabulkan permohonan pernikahan beda agama
Baca juga: Dispendukcapil Surabaya catat akta perkawinan pasutri beda agama

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022