perajin Jakarta ini sebagai penyambut budaya
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 30 perajin meramaikan perayaan 39 tahun Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta melalui festival di pusat perbelanjaan (mal) kawasan Gandaria.

Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati di Jakarta, Rabu, menyambut bahagia kegiatan bertajuk Dekranasda Week Festival 2022 ini sebagai momentum mengenalkan budaya Jakarta.

"Saya selalu menyebut perajin Jakarta ini sebagai penyambut budaya karena melalui karya mereka cerita tentang budaya Betawi dan Jakarta sehingga bisa tersebar luas dari generasi ke generasi," kata Fery.

Fery menambahkan kegiatan ini sebagai komitmen untuk membina perajin Jakarta sekaligus mendekatkan langsung masyarakat dengan para perajin dengan melihat beragam karya mereka.

Baca juga: Dekranasda DKI Jakarta bantu perajin tetap produktif saat pandemi

Mengingat pada dua tahun selama masa pandemi, banyak perajin beralih profesi namun juga tidak sedikit yang bertahan hingga kini meneruskan karya-karyanya, kata dia.

Senada dengan Fery, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta selaku Ketua Bidang Pemasaran dan Daya Saing Produk Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo juga berupaya mengembangkan industri kerajinan khususnya berbasis warisan budaya.

Menurut Elisabeth, Dekranasda Week Festival 2022 dilaksanakan selama lima hari dari 31 Agustus hingga 4 September 2022.

"Ada juga kegiatan 'talkshow', lomba fesyen dan lomba fesyen batik Jakarta yang akan diadakan pada 3 September 2022 dengan total hadiah Rp45 juta," katanya. 

Baca juga: Dekranasda DKI ajak anak muda bergabung berbisnis suvenir

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022