Jakarta (ANTARA/JACX) - Kampanye peringatan merokok juga terus bergulir di sejumlah negara, termasuk di Indonesia, yang mempunyai jumlah perokok aktif mencapai 69,1 juta orang pada 2021.

Tips-tips kesehatan untuk mengurangi dampak rokok terhadap tubuh juga seringkali muncul di sejumlah platform media sosial, seperti pada unggahan akun Facebook Erno Viati.

Akun itu membagikan informasi ramuan yang diklaim dapat membersihkan paru-paru kotor akibat nikotin dan tar rokok.

Unggahan pada 14 Agustus 2022 itu menyebut ramuan campuran bawang putih, kunyit, jahe, dan madu dapat membersihkan paru-paru akibat nikotin dan tar.

Unggahan itu telah disukai oleh 242 pengguna lain Facebook.

Berikut kutipan narasi pada unggahan tersebut:
“Ramuan Ini Pembersih Nikotin dan Tar di Paru-paru
Wajib Bagi Para Perokok
Bahan- bahan : bahan-bahan berupa bawang putih, kunyit, jahe, dan madu."


Lantas, benarkah terdapat ramuan bawang putih, kunyit, dan madu dapat membersihkan paru-paru akibat nikotin dan tar rokok?
 
Unggahan hoaks yang menyatakan ramuan bawang putih dan herbal lain dapat membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar. (Facebook)


Penjelasan:
ANTARA tidak menemukan bukti kuat dari hasil penelitian atau jurnal yang menyatakan ramuan bawang putih dan beberapa herbal lain dapat membersihkan paru-paru dari dampak nikotin dan tar.

Bukti ilmiah terkait air rebusan bawang putih, kunyit, jahe dan madu yang diminum dapat membuang racun dari paru-paru pun tidak dapat ditemukan.

Penelitian yang menyebut manfaat antioksidan dalam buah dan sayuran untuk tubuh dilaporkan pada International Journal of Chronic Obstructive Pulmonary Disease.

Namun, penelitian itu menunjukkan manfaat antioksidan untuk mengurangi produksi lendir atau dahak pada tubuh seseorang, bukan membersihkan paru-paru dari nikotin.

Manfaat antioksidan pada buah dan sayuran itu pun dapat dirasakan tanpa meramu atau merebusnya, dan cukup dengan mengonsumsi secara rutin.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto, seperti dilaporkan Kompascom, mengatakan langkah paling efektif untuk membersihkan paru-paru dari nikotin adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok.

Agus mengatakan belum ada bukti ilmiah mengenai manfaat rebusan ramuan bawang putih dan sejumlah herbal untuk membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar.

Klaim: Ramuan pembuang nikotin dari paru-paru dengan bawang putih, kunyit, dan madu
Rating: Hoaks/Salah

Cek fakta: Hoaks! Tutup hidung dengan bawang putih dapat keluarkan lendir dari paru-paru

Cek fakta: Hoaks! COVID-19 bisa diobati dengan Nikotin

Baca juga: Pengamat: Perokok dewasa berhak dapatkan informasi produk alternatif

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022