Dari faktor makanan yang memang bisa diatasi secara relatif cepat seperti cabai dan lain-lain itu sekarang menjadi fokus dari tim pengendalian inflasi di pusat dan daerah
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan pengembangan komoditas yang bisa dilakukan secara mandiri di dalam negeri, seperti cabai, telah berhasil menurunkan tingkat inflasi pada harga bergejolak atau volatile food pada Agustus 2022.

“Kemarin memang meningkat sampai di atas 11 persen dan sekarang turun ke 8 persen. Kontribusinya sesuai diagnosa terutama dikontribusikan oleh faktor makanan,” katanya saat ditemui di Kompleks DPR RI di Jakarta, Kamis.

Harga bergejolak pada Agustus 2022 secara tahunan mengalami inflasi sebesar 8,93 persen dan secara bulanan mengalami deflasi sebesar 2,9 persen.

Realisasi tersebut turun dibandingkan Juli 2022 yakni harga bergejolak secara tahunan mengalami inflasi sebesar 11,47 persen dan memiliki andil terhadap keseluruhan inflasi 4,94 persen (yoy) sebesar 0,25 persen.

Baca juga: Presiden perintahkan pemda kerja sama TPIP-TPID tekan laju inflasi

Sri Mulyani mengatakan penurunan ini menunjukkan bahwa inflasi sempat meningkat karena dikontribusikan dari volatile food yang sangat bergantung pada kondisi global.

Di sisi lain ia menegaskan faktor volatile food saat ini sudah dapat dikendalikan secara relatif cepat, terutama dari sisi komoditas cabai.

Ia menjelaskan sebagian besar komoditas bisa diproduksi di dalam negeri secara baik dengan harga terjangkau dan jumlah memadai sehingga bisa menstabilkan harga.

Bahkan sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah meminta para kepala daerah, Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan untuk melihat keseluruhan faktor-faktor yang menyumbang inflasi.

Baca juga: Presiden Jokowi minta kepala daerah cermati penyebab inflasi tinggi

Pemerintah diminta menggunakan instrumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), termasuk transfer ke daerah (TKD). Bahkan pemerintah daerah juga mendapat dana transfer dari pusat dalam bentuk dana tak terduga yang bisa secara fleksibel digunakan untuk meredam kenaikan harga komoditas.

“Dari faktor makanan yang memang bisa diatasi secara relatif cepat seperti cabai dan lain-lain itu sekarang menjadi fokus dari tim pengendalian inflasi di pusat dan daerah,” ujarn Sri Mulyani.

Terlebih lagi beberapa komoditas bisa dikembangkan dan diproduksi secara mandiri di dalam negeri sehingga akan semakin menstabilkan inflasi ke depan terutama dari sisi harga bergejolak.

Meski demikian Sri Mulyani tetap mewaspadai inflasi dari volatile food ini mengingat ada beberapa komoditas yang memang tidak diproduksi dalam negeri seperti gandum dan kedelai sehingga akan sangat terpengaruh dari gejolak global.

“Seperti minyak goreng meski itu adalah CPO kita punya, tapi subtitusinya adalah sun flower yang diproduksi Ukraina. Jadi berbagai dinamika itu yang harus kita antisipasi,” jelas Sri Mulyani.

Baca juga: Airlangga: Pemerintah fokus turunkan inflasi komoditas bergejolak
 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022