"Saya ingin semakin banyak kesempatan bagi BUMN dan perusahaan swasta Indonesia mendukung pembangunan di FIlipina."
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo berharap kesempatan atau peluang bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta nasional semakin meningkat dalam mendukung pembangunan di FIlipina.

"Ke depan, saya ingin semakin banyak kesempatan bagi BUMN dan perusahaan swasta Indonesia mendukung pembangunan di FIlipina," kata Jokowi dalam keterangan pers bersama usai pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina, Ferdinand Romualdez, Marcos Jr, di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin.

Baca juga: Indonesia dan Filipina dorong peningkatan volume perdagangan

Dalam pertemuan bilateral dengan Marcos Jr, Jokowi mengatakan keduanya membahas upaya peningkatan intensitas kerja sama infrastruktur dan industri strategis bagi kedua negara.

Menurut Jokowi, sejumlah BUMN Indonesia sejauh ini sudah ikut serta dalam program pembangunan di Filipina, seperti proyek pengadaan dua kapal Landing Platform Dock (LPD) oleh PT PAL dan proyek persinyalan kereta di Manila oleh PT LEN Industri.

Baca juga: Presiden Bongbong Marcos pilih Indonesia jadi negara pertama kunjungan

Dia berharap kesempatan BUMN dan perusahaan swasta Indonesia dalam mendukung pembangunan di FIlipina dapat meningkat. Jokowi juga berharap rencana Filipina membeli pesawat NC212i dari PT Dirgantara Indonesia dapat segera terwujud.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022