Sigi (ANTARA) -
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendorong Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) untuk mengganti rumah warga yang terdampak banjir di Kecamatan Pakuli, Kabupaten Sigi.
 
"Kami minta kepada Pemprov dalam hal ini Gubernur bisa mengganti rumah warga yang rusak berat dengan kondisi tersisa dinding," kata Wakil Ketua DPRD Sulteng Fraksi PDIP, Muharram Nurdin di Sigi, Rabu.

Baca juga: Mensos salurkan bantuan logistik-lumbung sosial untuk warga Sigi
 
Dia menjelaskan, Pemprov harus mengambil langkah konkrit mengingat adanya peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang perkiraan cuaca serupa masih berlangsung hingga Desember mendatang.
 
Salah satunya, lanjut Muharram, yakni dengan cara melakukan pembersihan pada aliran sungai dari sisa material banjir serta membuat border tebal di sepanjang bibir sungai.

Baca juga: Mensos bantu Rp878 juta untuk membangun lumbung siaga bencana di Sigi
 
"Untuk penanganan awalnya harus melakukan pembersihan dulu karena semestinya antisipasi ini sudah berjalan sejak lama karena banjir di lokasi tersebut telah berulang dalam beberapa tahun terakhir," jelasnya.
 
Muharram juga menambahkan, agar Pemprov setempat dapat menaruh perhatian lebih terhadap korban terdampak banjir yang masuk dalam kategori prioritas, yakni difabel, lanjut usia, bayi lima tahun dan kaum perempuan.

Baca juga: Mensos Risma kunjungi korban terdampak banjir di Sigi
 
"Karena memang kelompok itu yang masih kekurangan kebutuhan, sedangkan untuk kebutuhan pangan secara umum sudah disediakan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini," demikian Muharram.
 
Sebelumnya, Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini menyalurkan bantuan senilai Rp878 juta untuk membangun lumbung siap siaga bencana di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu.

Baca juga: Mensos minta pendamping PKH-Tagana dan TKSK bantu korban banjir Sigi

Pewarta: Muhammad Izfaldi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022