Tangerang (ANTARA) - Warga Kota Tangerang Banten mulai menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM dan sembako tahap 1 tahun 2022 sebesar Rp500.000 untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Rabu, mengatakan penyaluran bantuan dilakukan oleh PT. Pos yang telah ditunjuk oleh Kemensos untuk mendistribusikan BLT BBM dan bantuan sembako bulan September 2022.

Penyaluran sudah dilakukan sejak hari Selasa (6/9). BLT BBM dan sembako ini disalurkan Pemerintah untuk meminimalisir dampak penyesuaian harga BBM.

“Sesuai kebijakan pemerintah pusat, BLT BBM sudah mulai disalurkan,” kata Wali Kota Arief ditemui di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Baca juga: Wapres: BLT BBM agar kemiskinan ekstrem tak melonjak

Baca juga: Ekonom minta pemerintah awasi ketat penyaluran bansos BBM


Adapun bantuan sosial ini berupa BLT BBM senilai Rp300.000per KPM dan bantuan sembako senilai Rp200.000/KPM sehingga total bantuan yang diterima senilai Rp500.000/KPM.

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Mulyani menambahkan, kuota sementara untuk Kota Tangerang berdasarkan informasi dari PT. Pos sebanyak 57.140 KPM yang terdata sebagai penerima manfaat BLT Kemensos RI yang tersebar di 13 kecamatan se Kota Tangerang.

Selanjutnya penyaluran akan dilakukan bertahap oleh PT. Pos Indonesia melalui kantor kelurahan di wilayah masing-masing.

“Penyaluran di beberapa kantor kelurahan lainnya sesuai jadwal supaya tidak terjadi penumpukan,” katanya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Tangerang mendistribusikan bantuan makanan kepada 1.296 lansia miskin, 486 balita dan 246 disabilitas sebagai upaya menekan dampak dari penyesuaian harga BBM.

Pendistribusian bantuan sosial makanan ini dilakukan serentak selama tiga hari ke depan mulai tanggal 6 hingga 8 September 2022 mendatang. Adapun bantuan makanan diberikan dalam bentuk paket sembako kebutuhan sehari-hari.

Adapun bantuan makanan terdiri dari sembako atau bentuk makanan lain senilai kurang lebih Rp 400 ribu.*

Baca juga: Pos Indonesia Bali terapkan tiga pola penyaluran BLT BBM

Baca juga: Surabaya targetkan penyaluran BLT BBM tahap pertama selesai 14 hari

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022