Belitung (ANTARA) - Minister for Development Cooperation and Nordic Cooperation of Denmark Flemming Moeller sangat mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang memprioritaskan pembahasan energi transisi pada Networking Dinner Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Pulau Belitung.

"Kami dari Denmark sangat menghargai Indonesia yang telah membuat topik energi transisi sebagai topik pembahasan prioritas G20,” kata Flemming Moeller saat memberikan kata sambutan Dinner Development DMM G20 di Belitung, Kamis.

Ia mengatakan urgensi dunia saat ini di bawah tekanan serius, perubahan iklim, pandemi Covid-19, ancaman krisis bahan pangan, energi, bahkan krisis ekonomi.

“Untuk mencapai SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan dunia, perlu pemimpin yang koorperatif, mitra yang mampu mereformasi kebijakan dan inovasi keuangan, di manapun, baik dunia bagian utara hingga selatan, baik sektor publik maupun sektor swasta," ujarnya.

Baca juga: Menko Luhut: G20 di Pulau Belitung untuk pembangunan dunia

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan Event G20 DMM 2022 mengusung tiga tujuan yaitu mengusulkan dan mempromosikan Peta Jalan Ekonomi Biru sebagai salah satu solusi untuk mendukung transformasi ekonomi di tingkat nasional.

Kedua, menjadi wadah untuk mempelajari praktik terbaik dan kisah sukses negara-negara yang mewujudkan Ekonomi Biru. Ketiga, membangun kolaborasi potensial dalam desain dan implementasi Peta Jalan Ekonomi Biru Indonesia.

"Strategi ekonomi biru yang inklusif dan berkelanjutan diharapkan dapat dirancang untuk mensejahterakan masyarakat mengingat Indonesia merupakan negara maritim yang potensi lautnya sangat besar untuk dikelola,” ungkap Deputi Amalia. ***1***

Baca juga: Pemprov Babel dorong pembangunan maritim melalui ekonomi biru

Pewarta: Aprionis
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022