Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Minggu (11/9), mulai dari BNPT dan PBB membahas proteksi sektor rentan serangan teroris hingga korban kekerasan seksual (KS) calon pendeta di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, bertambah.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

BNPT dan PBB bahas proteksi sektor rentan serangan teroris

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Bidang Kontraterorisme (UNOCT) membahas proteksi sektor rentan serangan terorisme di New York, Amerika Serikat.

"BNPT terus memperluas kerja sama dengan berbagai lembaga internasional," kata Kepala BNPT Komjen Polisi Boy Rafli Amar melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Ketua DPRD Bogor bantah kolaborasi dengan petugas KPK soal Ade Yasin

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, membantah berkolaborasi dengan salah satu petugas KPK seperti yang terungkap dalam sidang dugaan suap auditor BPK dengan terdakwa Bupati Kabupaten Bogor nonaktif, Ade Yasin.

"KPK adalah lembaga resmi yang kredibel dan tidak bisa diintervensi apalagi dikondisikan lain lain," kata Susmanto, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Kejari Tanjungpinang pakai kearifan lokal tangani sengketa tanah

Kejaksaan Negeri Tanjungpinang di Provinsi Kepulauan Riau mengupayakan penyelesaian sengketa tanah melalui kearifan lokal dan akan membangun Posko Pengaduan Sengketa Lahan di sejumlah kedai kopi sebagai bentuk komitmen mereka mendorong percepatan pembangunan di Tanjungpinang.

Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Joko Yuhono, di Tanjungpinang, Minggu, menjelaskan bahwa kebiasaan masyarakat menyelesaikan berbagai permasalahan di kedai kopi sehingga sengketa tanah juga dapat ditangani di kedai kopi.

Selengkapnya baca di sini.

Pemerintah siapkan payung hukum implementasi strategi ekonomi biru

Pemerintah menyiapkan payung hukum terkait dengan rencana implementasi strategi ekonomi biru yang menitikberatkan pada pertimbangan ekologi dan ekonomi pada kegiatan di ruang laut guna mewujudkan laut yang sehat, aman, tangguh, serta produktif.

"Sekarang sedang dalam penyiapan payung hukum mudah-mudahan bisa segera selesai," kata Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono usai menyampaikan pengarahan pada Strategi Implementasi Ekonomi Biru di Bidang Perikanan, Semarang, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Polisi: Korban kekerasan seksual calon pendeta di Alor bertambah

Jumlah korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh seorang calon pendeta Majelis Sinode GMIT di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, bertambah dari enam orang menjadi 12 orang, kata pejabat Kepolisian Resor Alor.

"Sampai dengan Sabtu (10/9) kemarin jumlah korban bertambah jadi 12 orang, setelah ada enam orang lagi yang memberikan keterangan kepada penyidik," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Alor Iptu Yames Jems Mbau saat dimintai keterangan dari Kupang pada Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022