Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden China Wang Qishan mengatakan Ratu Elizabeth II adalah seorang promotor dan kontributor pengembangan hubungan China-Inggris.

Wang juga mengatakan Ratu Elizabeth II merupakan pemimpin monarki Inggris pertama yang mengunjungi China, dan menerima banyak pemimpin China dalam kunjungan mereka ke Inggris.

Ratu telah memberikan kontribusi positif bagi pengembangan hubungan China-Inggris, katanya, saat mengunjungi Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di Beijing, Senin (12/9).

Dalam kesempatan tersebut, Wang mengheningkan cipta untuk memberikan penghormatan di depan potret Ratu Elizabeth II dan menandatangani buku belasungkawa. Atas nama Presiden Xi Jinping dan pemerintah serta rakyat China,

Wang menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya sang Ratu dan menyampaikan simpati yang tulus kepada keluarga kerajaan, pemerintah, dan rakyat Inggris.

Seraya menuturkan bahwa tahun ini menandai peringatan 50 tahun pembentukan hubungan diplomatik duta besar China-Inggris, Wang memaparkan perkembangan hubungan itu sepenuhnya menunjukkan bahwa selama kedua negara mematuhi prinsip-prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan, hubungan keduanya akan tetap stabil dan berjalan lancar.

Pihak Inggris diharapkan dapat mengambil perspektif strategis dan jangka panjang serta bekerja sama dengan China untuk memperkuat dialog dan pertukaran, mempromosikan kerja sama yang saling menguntungkan, dan bekerja sama untuk menghadapi berbagai tantangan, sehingga hubungan bilateral akan bergerak maju di jalur perkembangan yang sehat dan stabil, kata Wang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022