Jayapura (ANTARA) - Personel Kodim 1702/Jayawijaya, Selasa (13/9) menyerahkan bantuan beras kepada kelompok tani Kampung Hepukama, Distrik Maima Kabupaten Jayawijaya, Papua.
 
Dandim 1702/Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murib di Wamena, mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.
 
Untuk membantu Pemda Jayawijaya dalam program ketahanan pangan Kodim 1702/Jayawijaya telah menyalurkan bantuan berupa bibit jagung yang penyaluran-nya didampingi Babinsa.
 
Masyarakat di wilayah pegunungan Lapago pada umumnya hidup dengan bertani atau berkebun dengan cara tradisional dimana kebun tersebut dibuka secara bergotong royong oleh masyarakat kampung yang dipimpin kepala suku atau kepala kelompok tani.
 
Kebun tersebut ditanami tanaman heterogen ubi jalar yang dalam bahasa Lembah di sebut hepiri atau erom yang disela-sela-nya ditanami sayuran seperti kol, sawi, kacang buncis, kentang, keladi serta jagung.
 
“Kami membantu dengan memberikan bibit yang bila panen hasilnya akan kembali ke masyarakat dan itu salah satu bentuk upaya peningkatan ekonomi masyarakat sekaligus rangka ketahanan pangan dan ketersediaan makanan di wilayah Jayawijaya ini,” kata Murib.
 
Kepala Suku Hepukama Neles Wetipo mengucapkan terimakasih kepada Kodim 1702/JWY yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Kampung Hepukama.
 
"Mewakili masyarakat saya mengucapkan terimakasih kepada Dandim 1702 Jayawijaya dan jajarannya yang telah memberikan bantuan yang sangat berarti untuk kami," kata Neles Wetipo.
 
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022