Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Kali Jambe di wilayah Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, bebas dari tumpukan sampah usai kegiatan bersih-bersih yang dilakukan secara maraton selama tiga hari berturut-turut.

"Dari kegiatan tersebut kita bisa melihat bahwa kondisi sungai yang menjadi target kita sudah terbebas dari sampah-sampah yang menumpuk di permukaan sungai dan bantaran kali. Sekarang sungainya sudah bersih," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Rahmat Atong di Cikarang, Rabu.

Ia mengatakan bahwa kegiatan pembersihan dan pengangkutan sampah di sepanjang aliran sungai yang melintasi wilayah Kecamatan Tambun Selatan hingga Tambun Utara itu merupakan bagian dari upaya untuk mengurangi risiko banjir.

Atong menjelaskan bahwa pemerintah kabupaten menjalankan Program Tanggulangi, Tanggap, dan Cepat Gangguan Sampah di Sungai atau Tancap Gas untuk memulihkan kondisi sungai sekaligus mengurangi risiko banjir.

"Tentu saja ini menjadi tanggung jawab bersama ke depan, bukan hanya pemerintah daerah saja, melainkan seluruh warga. Diperlukan kesadaran penuh segenap warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, termasuk aliran sungai," katanya.

Dia menekankan pentingnya partisipasi warga dalam upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan daerah aliran sungai.

"Sekarang sudah bersih jadi mohon dengan sangat untuk tidak kembali dicemari oleh sampah yang dibuang sembarang ke sungai. Mari bersama-sama mengembalikan fungsi sungai seperti semestinya," kata dia.

 
Bagian Kali Jambe di titik perlintasan Ruas Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 19 Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, kini sudah bersih dari tumpukan sampah. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)


Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Khaerul Hamid mengatakan bahwa dalam kegiatan bersih-bersih sungai secara maraton lebih dari 130 ton sampah diangkut dari Kali Jambe.

Menurut dia, sampah dari Kali Jambe diangkut menggunakan 12 truk pengangkut dengan dukungan 17 personel Tim Biawak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi.

Pengangkutan sampah dari Kali Jambe dilakukan di titik perlintasan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 19 di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan; daerah Keramat Mundu; hingga bagian hilir kali di Desa Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara.

Kegiatan pembersihan sampah di Kali Jambe melibatkan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane serta Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi.

Baca juga:
Kementerian PUPR siapkan normalisasi Kali Jambe Bekasi
Warga desak pemerintah normalisasi Kali Jambe cegah banjir

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022