Jakarta (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Rabu (14/9) sore waktu setempat menerima Orde Elang Emas, atau Orde "Altyn Qyran", yang dianugerahkan oleh Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev di Istana Kepresidenan Ak Orda di Nur-Sultan.

Di aula marmer istana yang megah, deretan bendera nasional China dan Kazakhstan berjejer dengan rapi, memenuhi ruangan dengan suasana hangat dan bermartabat.

Tokayev menyampaikan sambutan sebelum menyerahkan orde tersebut. Dia mencatat bahwa kunjungan Xi hari ini merupakan suatu kehormatan luar biasa bagi Kazakhstan.

Presiden Xi merupakan sosok pemimpin besar sejati yang mendapat dukungan sepenuh hati dari rakyat China, kata Tokayev, seraya menambahkan bahwa di bawah kepemimpinan Xi yang luar biasa, China mencatat berbagai kemajuan pembangunan yang luar biasa, memberantas kemiskinan ekstrem, dan membangun masyarakat yang cukup makmur dalam segala bidang, dan bangsa China saat ini sedang melakukan perjalanan baru menuju peremajaan besar.

Tokayev mengatakan dirinya percaya bahwa di bawah kepemimpinan Xi yang bijaksana, China akan mewujudkan tujuan besar untuk sepenuhnya membangun negara sosialis modern sesuai jadwal.

Presiden Xi Jinping, dikatakan Tokayev, mengusulkan sejumlah inisiatif besar termasuk kerja sama Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI) dan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, serta memberikan kontribusi luar biasa untuk membangun jenis hubungan internasional yang baru. Tokayev menambahkan bahwa Inisiatif Pembangunan Global dan Inisiatif Keamanan Global yang diusulkan oleh Xi memiliki signifikansi strategis khusus dalam menyelesaikan berbagai risiko dan tantangan yang dihadapi dunia saat ini.

Tokayev sangat memuji peran bersejarah dan kontribusi luar biasa Xi dalam mengonsolidasikan persahabatan antara kedua bangsa dan dalam mempromosikan hubungan Kazakhstan-China, serta mencatat bahwa kunjungan Xi hari ini akan dicatat dalam sejarah hubungan Kazakhstan-China.

Kazakhstan siap bekerja dengan China untuk memajukan kemakmuran dan pembangunan bersama kedua negara, mewujudkan kesejahteraan kedua bangsa, serta bergandengan tangan untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah, katanya.

Tokayev menganugerahkan Orde Elang Emas kepada Xi. Kedua kepala negara itu kemudian berfoto bersama.

Menyampaikan sambutan setelah menerima orde, Xi menggambarkan pemberian Tokayev kepadanya sebagai bukti betapa besarnya perhatian yang diberikan oleh Kazakhstan terhadap hubungan China-Kazakhstan dan bentuk niat baik rakyat Kazakhstan terhadap rakyat China.

Xi menuturkan, selama tiga dekade terakhir sejak pembentukan hubungan diplomatik, hubungan China-Kazakhstan terus tumbuh pada tingkat yang tinggi. Dia menambahkan bahwa kedua negara memperkuat kepercayaan politik, mengembangkan kerja sama di berbagai bidang, mencapai hasil yang bermanfaat lewat berbagai upaya untuk mempromosikan Kerja sama BRI yang berkualitas tinggi, dan kedua negara juga terlibat dalam koordinasi yang erat dalam urusan internasional, yang semuanya memberikan dukungan kuat bagi pengembangan dan peremajaan kedua negara serta menyuntikkan dorongan kuat ke dalam perdamaian dan stabilitas regional.

Masa depan yang cerah terbentang di depan untuk persahabatan yang abadi, kerja sama yang saling menguntungkan, dan kemakmuran bersama antara kedua negara, kata Xi.

Xi mengatakan bahwa dia sangat menghargai orde tersebut, yang melambangkan persahabatan antara kedua bangsa, dan berbagi keyakinannya bahwa dengan upaya bersama dari kedua pihak, hubungan China-Kazakhstan akan mencapai tingkat yang tinggi dan terbang jauh seperti elang emas dan memberikan lebih banyak manfaat bagi rakyat kedua negara.

Orde Elang Emas adalah orde tertinggi Kazakhstan yang diberikan kepada individu sebagai pengakuan atas kontribusi signifikan mereka terhadap pembangunan nasional Kazakhstan dan hubungan eksternal yang bersahabat.

Ding Xuexiang, Yang Jiechi, Wang Yi, He Lifeng, dan lainnya, turut menghadiri upacara tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022