empat kecamatan meliputi Peninjuan, Lubuk Batang, Sinar Peninjauan dan Kedaton Peninjauan Raya
Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, mengimbau warga di empat kecamatan waspada terhadap bencana banjir akibat intensitas hujan tinggi yang diprediksi terjadi selama beberapa hari ke depan.

Kepala BPBD OKU, Amzar Kristopa didampingi Manager Pusdalops, Gunalfi di Baturaja, OKU, Jumat, mengatakan bahwa berdasarkan peringatan dini dari BMKG potensi hujan lebat hingga sedang diprediksi terjadi di sejumlah wilayah Sumsel, termasuk Kabupaten OKU.

Khususnya empat kecamatan meliputi Peninjuan, Lubuk Batang, Sinar Peninjauan dan Kedaton Peninjauan Raya yang diprediksi terjadi hujan lebat dan berlangsung lama yang berpotensi menimbulkan bencana banjir.

Apalagi empat kecamatan ini dipetakan sebagai daerah rawan bencana banjir saat musim hujan karena berada di dataran rendah dan dekat dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan.

Baca juga: Jalinteng Kabupaten OKU Sumsel nyaris putus akibat longsor

Baca juga: Kabupaten OKU Timur Sumsel tetapkan status siaga karhutla


Oleh sebab itu masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan agar bencana alam tidak menimbulkan korban jiwa.

Sebagai upaya antisipasi, kata dia, pihaknya telah meneruskan surat peringatan dini dari BMKG kepada pemerintah kecamatan untuk memberikan imbauan kepada warganya masing-masing.

BPBD OKU juga sudah mendirikan posko penanggulangan bencana agar bencana banjir dapat ditanggulangi sedini mungkin.

Di setiap posko disiagakan puluhan personel dari BPBD OKU dibantu relawan guna mengawasi titik rawan bencana banjir selama 1x24 jam.

"Termasuk juga peralatan penanggulangan bencana alam mulai dari perahu karet telah disiapkan untuk mengevakuasi korban jika terjadi bencana banjir," ujarnya.

Baca juga: Respons karhutla, Ogan Komering Ulu siaga musim kemarau 2022

Baca juga: BPBD OKU Sumsel kekurangan peralatan penanggulangan bencana alam

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022