PLN Kalselteng mendukung program borneo green equipment, dengan membangun stasiun pengisian kendaraan listrik umum di Kantor Gubernur.
Banjarmasin (ANTARA) - PT PLN Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) menyatakan menyiagakan personel untuk memastikan listrik terus menyala dan lancar guna menyukseskan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-29  yang digelar 10-19 Oktober 2022 di Martapura Kabupaten Banjar, Kalsel.

Kepastian itu disampaikan General Manajer PT PLN Persero Unit Induk Wilayah Kalselteng, Abdurrahim saat bersilaturrahmi ke Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di Banjarmasin, Minggu.

"Kami siap mensupport MTQ Nasional dengan menyiapkan pasukan listrik kami yang handal di seluruh venue kegiatan MTQ," kata Abdurrahim.

Dia pun menyatakan, ketersedian listrik dipastikan bisa mencukupi di event akbar di Kalsel ini, sehingga tidak terjadi gangguan.

"Kita harap tidak ada gangguan kelistrikan, semua bisa berjalan lancar, sukses hingga akhir," ujarnya.

Abdurrahim juga menyampaikan dukungan PLN Kalselteng terhadap program pemerintah, yaitu, program borneo green equipment, dengan membangun stasiun pengisian kendaraan listrik umum di Kantor Gubernur.

"Sehingga nanti secara bertahap penggunaan kendaraan listrik makin meningkat, konsumsi energi listrik semakin baik dan menurunkan emisi karbon. Karena, kendaraan listrik merupakan ramah lingkungan," ucapnya.

Selain itu, ia menambahkan, terkait pengembangan kompor induksi, yang merupakan program nasional Provinsi Kalimantan Selatan juga termasuk dalam pembagian 30 ribu kompor listrik pada bulan Oktober mendatang.

"Jadi Kalimantan Selatan dan Sumatera Utara merupakan dua provinsi di luar pulau Jawa dan Bali yang menerima program tersebut. Semoga kita bisa mensukseskan program ini sehingga penggunaan kompor listrik semakin berbudaya dan secara bertahap akan mengurangi energi fosil gas," katanya.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengapresiasi atas langkah-langkah strategis yang dilakukan PT PLN Kalselteng, khususnya ikut menyukseskan penyelanggaraan MTQ Nasional ke-29.

"Alhamdulillah, kami mendapat support dari PLN Kalselteng. Ini sangat memberikan manfaat bagi kita semua agar acara bisa berjalan lancar," katanya.

Dikatakan dia, dukungan dari segala pihak tentu dibutuhkan agar kegiatan di provinsi ini dapat memberikan kesan terbaik bagi para peserta maupun para undangan.

"Untuk itu, mari kita semua bersinergi, saling bergotong royong sukseskan MTQ Nasional di Banua tercinta kita," kata gubernur yang lebih akrab disapa Paman Birin.

Gelar MTQ Nasional ke-29 di Provinsi Kalimantan Selatan telah diluncurkan Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi pada 25 Agustus 2022.

Pembukaan MTQ Nasional ke-29 yang dijadwalkan dihadiri Presiden RI Ir H Joko Widodo bertempat di Objek Wisata Alam Kiram Park di Kabupaten Banjar.

Adapun venue perlombaan MTQ Nasional ke-29 tersebar di tiga daerah, yakni, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Venue utama di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Selanjutnya di Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.
Baca juga: Kalsel siap sambut ribuan tamu MTQN Oktober 2022
Baca juga: Kalimantan Selatan jadi tuan rumah MTQ Nasional 2022
Baca juga: Wamenag: Substansi MTQ Nasional untuk pahami Al Quran

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022