Suleiman al-Nabahin (55) secara tak sengaja menemukan lantai tersebut ketika hendak menanam pohon baru di lahannya yang hanya berjarak sekitar 800 meter dari perbatasan Israel
Gaza (ANTARA) - Lantai mosaik era Bizantium langka yang diperkirakan berasal dari abad ke-5 hingga ke-7 ditemukan oleh seorang petani Palestina di Jalur Gaza, demikian menurut laporan media setempat pada Minggu (18/9).

Suleiman al-Nabahin (55) secara tak sengaja menemukan lantai tersebut ketika hendak menanam pohon baru di lahannya yang hanya berjarak sekitar 800 meter dari perbatasan Israel, seperti dilansir Kantor Berita Sama.

Para pakar arkeologi menyebut lantai mosaik yang ditemukan tersebut, yang terdiri atas 17 gambar hewan dan burung dengan kondisi terpelihara baik, sebagai salah satu harta karun arkeologi terbesar di Gaza, menurut sejumlah laporan media.

Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penemuan tersebut masih dalam tahap awal dan "ada lebih banyak rahasia dan nilai-nilai peradaban" yang masih harus dipelajari. 
 
 

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022