Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Addis Ababa dan Oromia State University (OSU) Ethiopia meresmikan pembukaan Institute of Afro-Indonesia (IAI) yang berlokasi di kampus universitas tersebut pada Senin (19/9).

Peresmian dengan pengguntingan pita dilakukan oleh Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur bersama Rektor OSU Dr. Geremew Huluka yang disaksikan pimpinan perguruan tinggi, dosen, mahasiswa dan pejabat pemerintah setempat.

“Institute of Afro-Indonesia adalah lembaga strategis untuk meneruskan komitmen dan semangat Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang diselenggarakan di Bandung tahun 1955 dan untuk meningkatkan kerja sama ke depan antara Indonesia dan Afrika, khususnya Ethiopia,” kata Basnur dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

OSU merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Ethiopia yang berada di Negara Bagian Oromia, sekitar 170 km selatan ibu kota Ethiopia, Addis Ababa.

Kehadiran IAI bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, hubungan dan kerja sama antara Indonesia dan Ethiopia serta negara-negara Afrika lainnya melalui berbagai kegiatan yang melibatkan unsur-unsur di dalam dan di luar kampus.

Saat ini, gedung IAI menyuguhkan berbagai foto kegiatan Konferensi Asia-Afrika 1955 di Bandung dan kegiatan bilateral lainnya antara Indonesia dan Ethiopia.

Baca juga: Pelajar Indonesia-Ethiopia bahas pelestarian lingkungan
Baca juga: Menteri Ethiopia tanam pohon di KBRI Addis Ababa


Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022