Jakarta (ANTARA) - Sebuah perusahaan kimia China mulai memproduksi bahan kimia poligikolida (PGA) yang dapat terurai secara alami (biodegradable) dan dapat menurunkan emisi CO2 sekitar 65 persen, demikian disampaikan oleh surat kabar Science and Technology Daily pada Selasa (20/9).

Yulin Chemical Co Ltd, anak perusahaan China Energy Investment Corporation, di Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada Senin (19/9) mulai mengoperasikan lini produksi berbasis batu bara dengan kapasitas tahunan 50.000 ton PGA.

PGA dapat diuraikan oleh mikroba di beberapa jenis lingkungan seperti tanah dan air laut tanpa menimbulkan kerugian. Bahan kimia itu dapat dijadikan produk pengemasan makanan seperti kantong plastik sekali pakai, kotak makan siang, dan sedotan.

PGA juga dapat dimanfaatkan untuk memproduksi material untuk eksploitasi minyak dan gas, serta benang bedah dan bone scaffold untuk keperluan medis.

Dibandingkan dengan plastik poliolefin biasa, produksi PGA berbasis batu bara dapat memangkas konsumsi batu bara sekitar 50 persen dan emisi CO2 sekitar 65 persen, serta meningkatkan nilai tambah industri hingga dua atau tiga kali lipat dengan biaya produksi yang sama. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022