Shaanxi, China (ANTARA) - Seekor bayi panda raksasa yang dibiakkan secara artifisial lahir di sebuah pusat penangkaran di Provinsi Shaanxi, China barat laut, lapor Xinhua pada Kamis.

Panda raksasa bernama An'an melahirkan bayi panda betina di Pusat Penelitian Panda Raksasa Qinling. Berbobot 132,8 gram saat lahir, bayi tersebut kini dalam keadaan sehat, kata pusat itu.

Pada Agustus, Yongyong dan Qinqin, dua panda di pusat tersebut, masing-masing melahirkan bayi kembar jantan juga bayi kembar jantan dan betina.

Sepanjang tahun ini, pusat tersebut telah menyaksikan kelahiran lima bayi panda yang dibiakkan secara artifisial, yang menambah jumlah panda raksasa Qinling di penangkaran menjadi 41 ekor, tambah pusat tersebut.

Panda raksasa Qinling adalah subspesies panda raksasa yang pertama kali diakui pada 2005. Subspesies ini memiliki tengkorak yang lebih kecil dan bulat, moncong yang lebih pendek, dan bulu yang lebih sedikit dibandingkan subspesies Sichuan yang lebih dikenal.

Shaanxi mulai membesarkan panda raksasa Qinling secara artifisial pada 1980-an dan telah membangun sistem teknologi pengembangbiakan buatan yang matang.



 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022