Jakarta (ANTARA) - Para taikonaut Shenzhou-14, yang sedang berada di stasiun luar angkasa Tiangong, pada Rabu (21/9) memberikan penghormatan dari luar Bumi kepada seluruh partisipan program antariksa berawak China yang telah berjalan selama 30 tahun.

Dalam pesan video perayaan hari ulang tahun (HUT) yang dirilis oleh Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA), taikonaut Chen Dong, Liu Yang, dan Cai Xuzhe mengangkat tangan kanan mereka ke kepala, mengungkapkan apresiasi mereka terhadap pencapaian negara tersebut di bidang penjelajahan antariksa oleh manusia.

"Kami memberikan penghormatan tertinggi kepada para pemimpin veteran, pakar, dan semua anggota staf yang telah memberikan kontribusi luar biasa terhadap proyek ini selama 30 tahun terakhir," kata Chen, yang juga bertugas sebagai komandan kru, dalam video tersebut.

Ketiga taikonaut tersebut juga terlihat membubuhkan stempel pada sebuah amplop peringatan bergambar stasiun luar angkasa berbentuk T yang ditargetkan selesai dibangun oleh China pada akhir 2022.

China menyetujui program antariksa berawaknya pada 21 September 1992. Setelah bekerja keras selama tiga dekade, negara tersebut akan segera menyelesaikan proses pembangunan di orbit (in-orbit construction) untuk stasiun luar angkasa pertamanya, dengan komponen utama terakhirnya, yakni modul laboratorium Mengtian, dijadwalkan akan diluncurkan pada Oktober tahun ini. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022