Sabtu dan Minggu tetap buka, penerimaan berkas dimulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.
Pulau Punjung   (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) memastikan tetap menerima berkas pendaftaran calon panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) pada hari libur.

"Dalam Keputusan Bawaslu RI Nomor 314, Sabtu dan Minggu tetap buka, penerimaan berkas dimulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB," kata Komisioner Bidang Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antarlembaga Bawaslu Dharmasraya Laila Husni, di Pulau Punjung, Sabtu.

Sesuai tahapan, kata dia, Bawaslu Dharmasraya membuka pendaftaran mulai 21 sampai 27 September atau tujuh hari kalender. Dengan demikian berkas pendaftaran calon panwascam dapat diterima selama hari tersebut.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi calon panwascam berusia paling rendah 25 tahun, ijazah paling rendah SMA, tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan sekurang-kurangnya lima tahun pada saat mendaftar.

Kemudian, tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD dan DPRD serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sekurang-kurangnya dalam jangka waktu lima tahun.

Lalu, pendaftar juga harus melampirkan fotokopi KTP, pas foto berwarna, fotokopi ijazah dan surat keterangan sehat, mengirimkan surat lamaran disertai dengan surat pernyataan, daftar riwayat hidup dan surat izin atasan langsung bagi aparatur sipil negara (ASN).

"Berkas pendaftaran dapat diantarkan langsung ke Kantor Bawaslu Dharmasraya atau dikirimkan melalui pos," ujarnya pula.

Ia mengatakan kelompok kerja (pokja) rekrutmen sudah menerima 66 berkas pendaftaran hingga hari ketiga jadwal pendaftaran atau Jumat (23/9).

Bawaslu optimistis kuota minimal dua kali kebutuhan serta memperhatikan keterwakilan perempuan dapat terpenuhi di seluruh kecamatan hingga batas pendaftaran 27 September pukul 23.59 WIB.

Dia menyebutkan jadwal pendaftaran tidak akan diperpanjang bagi kecamatan yang memenuhi minimal dua kali kebutuhan anggota panwascam serta memperhatikan keterwakilan perempuan, anggota panwascam masing-masing kecamatan berjumlah tiga orang.

"Setelah pendaftaran, tahapan rekrutmen dilanjutkan dengan penelitian berkas, kemudian tes tertulis, dan wawancara untuk mendapatkan 33 anggota panwascam yang akan bertugas di 11 kecamatan," kata dia.

Bawaslu Dharmasraya akan menerapkan metode Computer Assisted Test (CAT) dalam tes tertulis calon panwascam untuk Pemilu 2024. Tes menggunakan komputer diharapkan dapat menjaga objektivitas dan integritas bawaslu sebagai pelaksana perekrutan, kata dia pula.
Baca juga: Bawaslu Dharmasraya mulai persiapkan Pilkada 2020
Baca juga: Pramuka dilibatkan awasi Pilkada di Dharmasraya

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022