Program Ganjar yang dilakukan di Jawa Tengah, seperti Kredit Lapak, Kartu Jawa Tengah Sejahtera (KJS) dapat dijadikan program skala nasional.
Jakarta (ANTARA) - Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia berharap program kerja Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dapat diadopsi secara nasional.

"Program Ganjar yang dilakukan di Jawa Tengah, seperti Kredit Lapak, Kartu Jawa Tengah Sejahtera (KJS) dapat dijadikan program skala nasional," kata Koordinator Kowarteg Indonesia Noehrozi dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu.

Hal itu juga disampaikan Noehrozi usai mendeklarasikan Ganjar Pranowo Presiden 2024 bersama pedagang kaki lima (PKL) dan pedagang pasar di kawasan Pasar Kramat Jati, Jakarta, Minggu.

Mereka mendeklarasikan Ganjar Presiden 2024 karena Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu, memiliki segudang program permodalan yang dapat membantu pedagang, UMKM, dan rakyat kecil pada umumnya. Mereka mengapresiasi upaya Ganjar dalam menyejahterakan rakyat tersebut.
Baca juga: Ganjar: Pemotong BLT pengkhianat negara
Baca juga: Survei Charta Politika: Ganjar ungguli Prabowo dan Anies



Dia mengungkapkan pada awal peluncurannya di tahun 2021, Kredit Lapak merupakan gebrakan program yang digagas Ganjar untuk ibu-ibu pedagang pasar dan pelaku industri rumahan. Program permodalan ini diluncurkan dengan nilai kredit sekitar Rp2 juta dan bunga dua persen per tahun.

Kemudian pada September 2022, Ganjar menaikkan nilai kredit menjadi Rp25 juta per tahun dengan bunga tetap dua persen. Kenaikan itu dilakukan Ganjar untuk merespons dampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Sedangkan dalam Program KJS, Ganjar memberikan bantuan untuk menciptakan kesejahteraan berupa uang tunai sebesar Rp750 ribu per tiga bulan. Bantuan tersebut bisa digunakan untuk modal usaha atau kehidupan sehari-hari.

Noehrozi menilai, Ganjar adalah sosok pemimpin yang sederhana dan dapat diterima masyarakat. Noehrozi mengatakan, Kowarteg Indonesia bersama PKL dan pedagang pasar menginginkan sosok tepat untuk pemimpin Indonesia, yaitu Ganjar Pranowo.

"Kami mendukung Pak Ganjar yang pastinya kami meyakini beliau bisa membawa Indonesia lebih baik lagi. Pak Ganjar itu orangnya sederhana, terus diterima di semua kalangan," katanya menegaskan.

Selain deklarasi, Kowarteg Indonesia juga membagikan ratusan paket sembako beserta kaos bertuliskan 'Ganjar Presiden 2024' ke pedagang dan masyarakat yang membutuhkan di kawasan Pasar Kramat Jati.
Baca juga: Ganjar prioritaskan rancangan perubahan APBD 2022 untuk bansos
Baca juga: Peneliti: Prabowo telah buktikan kinerja dan kesetiaan pada Presiden

Pewarta: Fauzi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022