Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengusulkan agar pemerintah menyediakan Rp100 triliun per tahun untuk menyerap produksi petani menjadi salah satu berita ekonomi terpopuler kemarin, Minggu (25/9).

  Selain itu, PT PLN (Persero) terus fokus dalam mendampingi dan mengevaluasi program uji coba konversi kompor LPG ke kompor listrik di Solo dan Denpasar juga cukup banyak dibaca.

  Berikut berita-berita ekonomi terpopuler selengkapnya:

  Mendag Zulkifli usulkan anggaran Rp100 triliun serap hasil petani

  Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengusulkan adanya penyediaan anggaran sebesar Rp100 triliun per tahun untuk menyerap komoditas bahan pokok hasil para petani.

  Zulkifli mengatakan langkah ini dilakukan untuk mendukung kesejahteraan para petani sehingga mereka bisa fokus menanam yang pada akhirnya harga bahan pokok terjangkau dan pasokan terjaga.

  KKP-Rusia perkuat kerja sama ekspor produk perikanan Indonesia

  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengupayakan penguatan kerja sama perdagangan produk perikanan dengan otoritas Rusia untuk meningkatkan nilai ekspor perikanan ke negara tersebut.

  "Indonesia memiliki komoditas perikanan unggulan yang dapat mengisi kebutuhan pasar perikanan Rusia seperti udang dan rumput laut," kata Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar usai melakukan pertemuan bilateral dengan Russian Federal Agency For Fisheries Ilya Shestakov di sela acara The V Global Fishery Forum & Seafood Expo Russia di Saint Petersburg, Rusia.

  Mendag: Masyarakat tak perlu khawatir harga beras naik

  Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan masyarakat tak perlu khawatir dengan adanya kenaikan harga beras mengingat pemerintah akan memberi subsidi terhadap selisih harga jualnya.

  "Misalnya harga beras dari Bulog sekian, lebih, bisa dibantu subsidi jadi tidak perlu khawatir sebetulnya karena dibiayai pemerintah (selisih harganya)," katanya dalam acara Kinerja 100 Hari Kerja Menteri Perdagangan di Jakarta, Minggu.

  Pembangunan konstruksi tol Semarang-Demak Seksi II capai 93 persen

  Progres pembangunan konstruksi Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II telah mencapai 93 persen yang akan dilanjutkan dengan tahapan uji layak fungsi hingga dua bulan ke depan.

  "Capaian per tanggal 22 September 2022 sudah 93 persen, sedangkan targetnya selesai pada 28 Oktober 2022," kata Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Semarang-Demak Siswantono di Semarang, Jawa Tengah, Minggu.

  PLN fokus evaluasi uji coba konversi kompor listrik di dua kota

  PT PLN (Persero) terus fokus dalam pendampingan dan evaluasi program uji coba konversi kompor LPG ke kompor listrik yang dilakukan 1.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Solo dan 1.000 KPM di Denpasar.

  "Arahan pemerintah sangat jelas dan PLN menindaklanjuti dengan berbagai perbaikan pada program uji coba di dua kota tersebut. Kami terus memberikan pendampingan kepada masyarakat penerima manfaat, sampai benar-benar dapat mengoperasikan penggunaannya secara mandiri dan beralih sepenuhnya ke kompor listrik," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022